kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN banyuurip Kecamatan Karangbinangun Kabupaten lamongan / Wahyu Dwi Jayanti

Jayanti, Wahyu Dwi (2018) kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN banyuurip Kecamatan Karangbinangun Kabupaten lamongan / Wahyu Dwi Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dwi Jayanti, Wahyu. 2018. Analisis Kemampuan Menulis Puisi Berdasarkan Gambar pada Siswa Kelas III SDN Banyuurip Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sjafruddin, A. Rahman, S.Pd, M.Pd. (II) Putri Mahanani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : kemampuan menulis puisi, media gambar, sekolah dasar Menulis puisi merupakan suatu kegiatan mengekspresikan gagasan kedalam bentuk tulisan dengan penuh nilai keindahan. Kebiasaan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan gambar, diberikan karena adanya keterlambatan dalam mengungkapkan gagasan melalui bahasa yang baik dan benar. Adapun dalam teknik penilaian menulis puisi hanya sebatas pada pemilihan kata dan penuangan amanat. Hal itu memungkinkan siswa kurang memaknai metode dan hakikat puisi sehingga kemampuan siswa dalam menulis puisi kurang terukur berdasarkan aspek kebahasaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN Banyuurip Kecamatan Karangbinangun Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan deskriptif berupa analisis isi. Prosedur pengumpulan data menggunakan puisi berdasarkan gambar pada siswa kelas III secara tertulis dengan mengkaji aspek pemilihan kata, penggunaan pengimajian, penggunaan rima, penulisan tipografi, dan penuangan amanat. Makna konotatif pada puisi yang dibuatnya mendapatkan kategori sangat kurang. Penggunaan imaji visual mendapatkan kategori sangat baik. Penggunaan imaji auditif mendapatkan kategori sangat kurang. Penggunaan imaji taktil mendapatkan kategori cukup. Penggunaan rima dalam mendapatkan kategori baik. Penggunaan rima akhir mendapatkan kategori baik. Penulisan larik mendapatkan kategori kurang. Penulisan bait mendapatkan kategori kurang. Penuangan amanat mendapatkan kategori cukup. Kemampuan menulis puisi siswa berdasarkan gambar ditinjau dari aspek pemilihan kata, pengimajian, rima, tipografi, dan amanat menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa atau 15,79% mendapatkan kategori baik. Sebanyak 13 siswa atau 68,42% mendapatkan kategori cukup baik. Sebanyak 3 siswa atau 15,79% mendapatkan kategori kurang baik. Penilaian seyogianya lebih memperhatikan lebih rinci pada aspek metode dan hakikat puisi. Penelitian ini dapat digunakan untuk memperbaiki mutu dan kualitas pembelajaran dari segi kemampuan menulis puisi yang sesuai aspek kebahasaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6784

Actions (login required)

View Item View Item