Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan Sedinten Bahasa Jawa di SDN Punten 01 Kota Batu / Wulan Mertti Zandria - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan Sedinten Bahasa Jawa di SDN Punten 01 Kota Batu / Wulan Mertti Zandria

Zandria, Wulan Mertti (2018) Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan Sedinten Bahasa Jawa di SDN Punten 01 Kota Batu / Wulan Mertti Zandria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Zandria Wulan Mertti. 2018. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Sedinten Bahasa Jawa di SDN Punten 01 Kota Batu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutarno M.Pd. (II) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd. Kata Kunci penguatan pendidikan karakter pembiasaan bahasa Jawa Penguatan pendidikan karakter merupakan program yang menjadi gerakan nasional untuk menghadapi persaingan global abad XXI. Penerapan penguatan pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan tiga pendekatan utama salah satunya melalui penguatan pendidikan karakter berbasis budaya yang kemudian dapat dikembangkan melalui kegiatan pembiasaan sedinten bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penguatan pendidikan karakter melalui pembiasaan sedinten bahasa Jawa kesesuaian kegiatan pembiasaan sedinten bahasa Jawa dengan penanaman nilai-nilai karakter dan dampak kegiatan pembiasaan sedinten bahasa Jawa terhadap karakter siswa di SDN Punten 01 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Kehadiran peneliti dilakukan pada waktu pelaksanaan pembiasaan sedinten bahasa Jawa di sekolah. Sumber data meliputi sumber primer kepala sekolah guru siswa dan sumber sekunder dari studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui empat tahap yaitu pengumpulan data reduksi data penyajian data dan pemaparan dan penegasan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik meningkatkan ketekunan dan kecukupan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tiga temuan sesuai fokus penelitian yaitu (1) kegiatan pembiasaan sedinten bahasa Jawa meliputi memakai pakaian adat Jawa berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa dan melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan tradisi Jawa (2) kesesuaian kegiatan pembiasaan sedinten bahasa Jawa dengan penanaman nilai-nilai karakter memunculkan nilai karakter religius nasionalis mandiri dan integritas (3) dampak kegiatan pembiasaan sedinten bahasa Jawa terhadap karakter siswa yaitu siswa dapat berperilaku sopan santun memiliki moralitas dan kepribadian baik membentuk siswa untuk mempunyai ide positif untuk menghasilkan karya yang dapat dinikmati oleh lingkungannya dan melaksanakan kewajiban ibadah serta hidup rukun dengan teman. Pelaksanaan pembiasaan sedinten bahasa Jawa merupakan sarana yang baik untuk mengembangkan nilai karakter. Kegiatan pembiasaan sedinten bahasa Jawa dapat menanamkan perilaku dan sikap yang sesuai dengan nilai karakter religius nasionalis mandiri dan integritas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6782

Actions (login required)

View Item View Item