Implementasi model discovery learning untuk meningkatkan pembelajaran pada muatan lokal IPA fi kelas V SDN Madyopuro 2 Kota Malang / Arifah Dwi Aprilia

Aprilia, Arifah Dwi (2018) Implementasi model discovery learning untuk meningkatkan pembelajaran pada muatan lokal IPA fi kelas V SDN Madyopuro 2 Kota Malang / Arifah Dwi Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aprilia, Arifah Dwi. 2018. Implementasi Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Pembelajaran pada Muatan IPA di Kelas V SDN Madyopuro 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.HeruAgus Tri Widjaja, M.Pd. (II) Dra.Murtiningsih, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Pembelajaran, IPA Pembelajaranmerupakanrangkaian upaya atau kegiatan pendidik dalam rangka membuat peserta didik belajar. Berdasarkanhasilstudipendahuluan di SDN Madyopuro2 Kota Malang pada muatan IPA saat pembelajaran pendidik lebih menggunakan metode ceramah, pendidik dalam pembelajaran kurang bisa memanfaatkan model dan media pembelajaran untuk memancing peserta didik dalam mengembangkan pemahaman terhadap materi yang diberikan. Sehingga peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar, dari 24 peserta didik kelas V terdapat 14 peserta didik yang mendapat nilai di bawah KKM. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui (1) Bagaimanakah perencanaan model discovery learning pada muatan IPA di kelas V SDN Madyopuro 2 Kota Malang, (2) Bagaimanakah penerapan model discovery learning pada muatan IPA di kelas V SDN Madyopuro 2 Kota Malang, (3) Bagaimanakah aktivitas belajar peserta didik pada muatan IPA di kelas V saat diterapkan model discovery learning, dan (4) Bagaimanakah hasil belajar peserta didik pada muatan IPA di kelas V SDN Madyopuro 2 setelah diterapkan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model kolaboratif partisipatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksankan dalam 2 siklus selama 4 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas V SDN Madyopuro 2 Malang yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam perencanaan model discovery learning pada siklus I nilai rata-rata sebesar 83,4, sedangkan pada siklus II menjadi 87,5 dan kemampuan pendidik dalam penerapan model discovery learning pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 90,8 dan pada siklus II menjadi 98,9. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yaitu 76,6 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,7. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan siklus I yaitu 68 dan pada siklus II meningkat menjadi 74. Pada aspek sikap siklus I diperoleh rata-rata 84,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5. Dan pada aspek keterampilan siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 78,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,8.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6781

Actions (login required)

View Item View Item