Analisis penyimpangan perilaku penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto / Choirudin Lutfi Triaji - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penyimpangan perilaku penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto / Choirudin Lutfi Triaji

Triaji, Choirudin Lutfi (2018) Analisis penyimpangan perilaku penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar di SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto / Choirudin Lutfi Triaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Triaji Choirudin Lutfi. 2018. Analisis Penyimpangan Perilaku Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutarno M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M. Pd. Kata Kunci Penguatan Pendidikan Karakter Penyimpangan Perilaku SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto. Penguatan pendidikan karakter adalah program untuk memperkuat karakter siswa sesuai dengan karakter bangsa yaitu religius nasionalis mandiri gotong royong dan integritas. Ketidaksesuaian dari pencapaian lima kelompok nilai utama penguatan pendidikan karakter itu diamati dari perilaku siswa yang menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyimpangan perilaku penguatan pendidikan karakter yang terjadi pada siswa SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto karena berdasarkan wawancara dengan guru kelas tiga di SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto ditemukan bahwa banyaknya penyimpangan yang dilakukan setiap harinya oleh siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengungkapkan data penelitian tentang bentuk dan faktor penyebab penyimpangan perilaku penguatan pendidikan karakter siswa SDN Gemekan Kabupaten Mojokerto. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis model interaktif dari Miles Huberman dengan proses analisis reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh dua jabaran hasil penelitian sebagai berikut. Pertama penyimpangan perilaku siswa pada a) nilai karakter religius nampak pada perilaku belum menjalankan ajaran agama Islam seperti tidak mengucap syukur saat mendapat nikmat tidak berdoa sebelum dan sesudah belajar tidak meyakini rukun iman tidak ikhlas dan tidak menghormati guru b) nilai karakter nasionalis nampak pada perilaku belum mencerminkan cinta tanah air seperti lebih menyukai produk tontonan dan budaya luar negeri tidak mencerminkan tindakan cinta damai tidak disiplin menggunakan bahasa daerah dalam komunikasi dan tidak menghormati teman c) nilai karakter mandiri nampak pada perilaku bergantung pada orang lain dalam melakukan beberapa hal seperti masih dimandikan disuapi disiapkan peralatan sekolahnya dan dipakaikan seragam oleh orang tuanya dan titip temannya saat jajan d) nilai karakter gotong royong nampak pada perilaku belum dapat bekerja sama dengan baik seperti tidak mau dikelompokkan dengan siapa saja tidak bergantian saat menyampaikan pendapat dan tidak dapat bekerja dalam kelompok dengan baik e) nilai karakter integritas nampak pada perilaku belum ii menjalankan apa yang pernah diucapkan dan tidak bertindak atas dasar yang benar seperti tidak jujur tidak menepati janji mencontek teman tidak mau mengakui kesalahan dan pamer serta tidak rendah hati. Kedua faktor penyebab penyimpangan perilaku siswa yaitu pada a) nilai karakter religius disebabkan oleh ketidakmauan siswa salahnya persepsi siswa orang tua sebagai contoh yang salah tidak adanya pembiasaan dari guru dan buruknya keterampilan guru dalam mengajar b) nilai karakter nasionalis disebabkan oleh konten dari media massa durasi media massa salahnya pola asuh orang tua kurangnya perhatian dari orang tua permasalahan orang tua kematangan siswa salahnya persepsi siswa buruknya keterampilan guru dalam mengajar kurangnya perhatian dari guru ajakan teman sebaya c) nilai karakter mandiri disebabkan oleh salahnya persepsi siswa ketidakmauan siswa kebutuhan rasa aman buruknya keterampilan guru dalam mengajar tidak adanya pembiasaan dari guru dan salahnya pola asuh orang tua d) nilai karakter gotong royong disebabkan oleh ajakan teman sebaya buruknya keterampilan guru dalam mengajar tidak adanya pembiasaan dari guru kurangnya perhatian dari guru pembiaran dari guru dan salahnya persepsi siswa e) nilai karakter integritas disebabkan oleh permasalahan orang tua salahnya pola asuh orang tua ketidakmauan siswa kematangan siswa kebutuhan rasa aman dan salahnya persepsi siswa. Sekolah diharapkan memperbaiki kinerja guru dalam pembelajaran agar perilaku menyimpang siswa dapat berkurang. Orang tua diharapkan lebih berbenah diri untuk mengajarkan perilaku yang baik kepada anak dikarenakan orang tua adalah contoh bagi siswa dirumah serta mengkontrol media massa bagi anak agar tidak melakukan penyimpangan perilaku karena media massa sangat dekat dengan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6780

Actions (login required)

View Item View Item