Pengembangan multimedia interaktif pada pelajaran biologi pokok bahasan fotosintesis untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Batu / Dwi Kristiawan

Kristiawan, Dwi (2020) Pengembangan multimedia interaktif pada pelajaran biologi pokok bahasan fotosintesis untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah pertama Negeri 1 Batu / Dwi Kristiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristiawan, Dwi. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pelajaran Biologi Pokok Bahasan Fotosintesis. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M,Si (II) Yerry Soepriyanto,S.T., M.T. Kata Kunci: interaktif, multimedia, fotosintesis Pada era modern seperti saat ini, perlu ada sebuah inovasi atau teknologi canggih yang dapat bermanfaat bagi kehidupan. ICT atau Teknologi Informasi dan Komunikasi masih memiliki hubungan dengan kehidupan kita sehari-hari, seperti penggunaan multimedia interaktif sebagai salah satu media komunikatif yang mampu mendukung berlangsungnya proses belajar mengajar yang lebih baik. Fotosintesis pada tumbuhan merupakan salah satu pelajaran Biologi di jenjang SMP. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media belajar yang konvensional dirasakan kurang, karena materi yang dikandung tergolong abstrak untuk dipahami siswa.Oleh karena itu penulis mengembangkan multimedia interaktif sebagai bahan ajar pendukung pemahaman siswa selain modul siswa. Tujuan dari pengembangan multimedia interaktif pada pokok bahasan fotosintesis ini adalah untuk mengetahui kualitas media yang dikembangkan berdasarkan pendapat ahli apakah media memenuhi standart atau kriteria kelayakan media pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengadopsi model ADDIE (Ananlysis, Design, Development, Implemantation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Raiser & Mollenda. Subjek penelitian dalam validasi yaitu siswa SMPN 01 Batu. Jenis Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan ini memenuhi kriteria valid yakni, ahli media 97,5%, ahli materi 96,25%, uji coba perseorangan 93,33%, uji coba kelompok kecil 92,25%, dan uji coba lapangan 96,05%. Saran yang diberikan peneliti yaitu (1) untuk sekolah pengembangan ini juga untuk menambah jumlah media pembelajaran yang terdapat di sekolah agar lebih efektif dan efisien, (2) untuk guru diharapkan membimbing dan mengarahkan siswa untuk membaca buku petunjuk pemanfaatan dengan cermat agar mempermudah dalam proses pembelajaran biologi sehingga mengurangi kendala yang akan terjadi pada proses pembelajaran, (3) untuk siswa diharapkan dapat mengoperasikan multimedia untuk memudahkan proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67794

Actions (login required)

View Item View Item