Pengembangan suplemen augmented reality animation pada buku mata pelajaran biologi untuk penguatan kognitif siswa kelas X SMA Biak Papua / Debi Puspitasari

Puspitasari, Debi (2020) Pengembangan suplemen augmented reality animation pada buku mata pelajaran biologi untuk penguatan kognitif siswa kelas X SMA Biak Papua / Debi Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Puspitasari, Debi. 2019. Pengembangan Suplemen Augmented Reality Animation Pada Buku Pelajaran Biologi Untuk Penguatan Kognitif Siswa SMA Negeri 1 Biak Papua. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Henry Praherdiono S.Si., M.Pd., (II) Eka Pramono Adi, S.I.P., M.Si. Kata Kunci: animation, augmented reality, Biologi, Kognitif Pada pembelajaran biologi tentang materi virus pada sub materi replikasi virus. buku pelajaran dan metode ceramah mepunyai keterbatasan untuk memahami materi, khususnya materi biologi yang bersifat abstrak. Menggunakan metode ceramah dan keterbatasan sumber belajar untuk memahami suatu proses replikasi virus, diperlukan pelengkap (suplemen) pembelajaran guna melengkapi sumber belajar dan metode ceramah guru. Salah satu upaya menggunakan smartphone yang berteknologikan augmented reality (AR) berupa animasi dan narasi. Tujuan dari pengembangan untuk mengahasilkan suplemen pembelajaran berupa animasi dan narasi berteknologikan augmented reality untuk penguatan kognitif siswa yang valid dan efektif untuk kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran biologi di SMA NEGERI 1 Biak Papua. Model Pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Sadiman (dkk), (2014). Langkah-langkah pengembangan yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Berikut tahapan dalam model pengembangan Sadiman (dkk): (1) Identifikasi Kebutuhan; (2) Perumusan Tujuan Pembelajaran; (3) Perumusan Butir-Butir Materi; (4) Perumusan Alat Pengukur Keberhasilan; (5) Penulisan Naskah/Storyboard Media; (6) Produksi Media; (7) Uji Coba (Validasi); (8) Revisi; dan (8) Media Siap Pakai. Subjek dalam penelitian dalam validasi yaitu siswa siswi kelas X SMA atau yang mengikuti mata pelajaran biologi. Jenis data yang digunakan berupa kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan suplemen augmented reality animation untuk penguatan kognitif siswa ini memenuhi kriteria valid yaitu, ahli media 95,3%, ahli materi 97,5%, uji coba perseorangan 91% uji coba kelompok kecil 92%, uji coba lapangan 92.8%. Pada tes hasil belajar menunjukkan bahwa suplemen ini efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan perolehan 33 dari 33 siswa atau 100% yang telah mencapai KKM. Saran yang diajukan guru mata pelajaran biologi yaitu suplemen pembelajaran menggunakan teknologi augmented reality animasi ini diharapkan dapat diterapkan pada materi biologi lainnya sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi biologi yang abstrak dan suplemen ini dan menjadikan sumber belajar siswa lebih beragam. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67792

Actions (login required)

View Item View Item