Pengembangan multimedia simulasi materi getaran untuk siswa MTs Raudlatul Ulum Kabupaten Malang kelas VIII / Ahmad Nur Yasin

Yasin, Ahmad Nur (2020) Pengembangan multimedia simulasi materi getaran untuk siswa MTs Raudlatul Ulum Kabupaten Malang kelas VIII / Ahmad Nur Yasin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yasin, Ahmad Nur. 2019. Pengembangan Multimedia Simulasi Materi Getaran untuk SMP/MTs kelas VIII. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T., (II) Dr. Dedi Kuswandi., M.Pd. Kata Kunci: Multimedia, Simulasi, Getaran, SMP/MTs Pembelajaran mandiri yang berpusat pada siswa adalah salah satu tujuan dari kurikulum 2013. Pebelajar dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Pengintegrasian teknologi dalam pembelajaran akan mampu membantu pebelajar untuk aktif dalam pembelajaran. Multimedia simulasi mampu menyampaikan materi yang bersifat penerapan, proses, serta sukar dijangkau, serta punya akurasi tinggi. Mata pelajaran IPA, khususnya dalam Fisika perlu melakukan pembuktian teori melalui pelbagai percobaan. Multimedia simulasi dapat dijadikan sebagai alternatif percobaan laboratorium. Pebelajar dapat melakukan percobaan secara mandiri maupun berkelompok dengan multimedia simulasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia simulasi yang valid dan efektif. Hal ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah pembelajaran yang dialami. Pembelajaran sains perlu melakukan eksplorasi, namun pembelajaran sains masih belum memberikan kesempatan maksimal pebelajar untuk mengeksplorasi kreativitas, bahan ajar masih kurang kontekstual, dan masih kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, sehingga pebelajar kurang mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Metode penelitian yang diguanakan adalah Research and Development dengan model pengembangan Lee dan Owens. Terdapat lima tahap yang dilakukan dalam model Lee dan Owens, yaitu Analis yang meliputi analisis kebutuhan dan front-end analaysis, tahap selanjutnya adalah desain, pengembangan, implementasi serta evaluasi. Namun dalam penelitian ini hana dilakukan hingga tahap pengembangan. Tahap validasi oleh ahli materi menghasilkan rata-rata jawaban 3,8 dari 4,0 jawaban yang diharapkan dengan presentase 95,14%, produk multimedia valid. Sedangkan hasil dari validasi ahli media yaitu rata-rata jawaban 3,95 dari 4,0 jawaban yang diharapkan dengan presentase 98,86% . Rata-rata hasil angket pebelajar terkait penggunaan produk multimedia adalah 3,36 dari 4,0 yang diharapkan dengan presentase 84%. Hasil validasi menunjukan bahwa multimedia simulasi yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Namun dalam penegembangan selanjutnya perlu adanya penambahan materi yang lebih banyak dan memiliki simulasi yang lebih variatif. Lebih banyak platform yang dapat menggunakan simulasi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67791

Actions (login required)

View Item View Item