Andini, Aprilia Dwi (2018) Pengembangan media pembelajaran CD interaktif subtema 7.3 Indahnya Perzsatuan dan Kesatuan Negeriku untuk kelas IV sokolah dasar / Aprilia Dwi Andini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Andini Aprilia Dwi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Subtema 7.3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumanto M.Pd. (II) Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media CD Interaktif Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Sekolah Dasar. Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan oleh guru dan siswa sebagai perantara dalam penyampaian materi. Berdasarkan analisis kebutuhan dan tujuan guru membutuhkan media pembelajaran untuk Subtema 7.3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku untuk kelas IV SD. Peneliti memilih subtema 7.3 pada pembelajaran 3 dan 4 karena guru belum memiliki media yang sesuai dan akan kesulitan jika menampilkan media konkrit karena luasnya wilayah Indonesia. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk menghasilkan produk CD interaktif yang layak menurut ahli media layak menurut ahli materi layak menurut guru efektif bagi siswa dan menarik menurut siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan adopsi model penelitian dan pengembangan Dick Carey. Adapun langkahnya sebagai berikut analisis kebutuhan dan tujuan analisis pembelajaran analisis siswa dan konteks memilih KD dan menentukan indikator pengembangan matriks media pembelajaran dan RPP penulisan story board mengembangkan produk awal media merancang dan melakukan evaluasi formatif melakukan revisi produk produk media akhir. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa produk CD interaktif subtema 7.3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku pada pembelajaran 3 dan 4 untuk kelas IV SD. Berdasarkan evaluasi formatif CD interaktif pembelajaran 3 kepada ahli media diperoleh rata-rata persentase 87 5% dari ahli materi diperoleh rata-rata persentase 87 5% dari guru diperoleh rata-rata persentase 91 6% uji coba pada siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 2 47 poin dan tingkat persentase kemenarikan menurut siswa yaitu 86 27%. Berdasarkan evaluasi formatif CD interaktif pembelajaran 4 kepada ahli media diperoleh rata-rata persentase 85 4% dari ahli materi diperoleh rata-rata persentase 85 93% dari guru diperoleh rata-rata persentase 91 6% uji coba pada siswa menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 2 03 poin dan tingkat persentase kemenarikan menurut siswa yaitu 86 2%. Hasil persentase penilaian menunjukkan bahwa media CD interaktif sangat layak dan menarik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Media CD interaktif dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk kelas IV SD. penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan CD interaktif untuk pembelajaran lain atau untuk kelas lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6779 |
Actions (login required)
View Item |