Pengembangan video pembelajaran mata pelajaran IPA materi adaptasi makhluk hidup pada siswa tunarungu SLB-B YPLB Blitar / Karina Permatasari

Permatasari, Karina (2020) Pengembangan video pembelajaran mata pelajaran IPA materi adaptasi makhluk hidup pada siswa tunarungu SLB-B YPLB Blitar / Karina Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Permatasari, Karina. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Materi Adaptasi Makhluk Hidup Pada Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. Skripsi, Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd. (II) Eka Pramono Adi, S.I.P., M.Si. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Adaptasi Makhluk Hidup, Tunarungu Keterbatasan pemahaman abstrak dan proses saintifik siswa tunarungu dalam pembelajaran IPA yang disampaikan guru secara komunikasi total menyebabkan penyampaian pesan kurang efektif dan kurang efisien. Maka dari itu, perlu diwujudkan produk video pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran IPA sesuai dengan gaya belajar visual siswa tunarungu. Pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa video pembelajaran mata pelajaran IPA materi Adaptasi Makhluk Hidup pada siswa tunarungu SLB-B YPLB Blitar dalam bentuk DVD video pembelajaran yang layak disertai buku panduan penggunaan. Video pembelajaran ini menyajikan materi Adaptasi Makhluk hidup yang terdiri dari pengertian Adaptasi, macam-macam bentuk Adaptasi, contoh Adaptasi pada Makhluk hidup, dan tujuan Makhluk hidup melakukan Adaptasi. Bahasa atau penyampaian pesan materi yang digunakan dalam video pembelajaran ini yaitu Komunikasi Total (bahasa lisan dengan penggunaan bahasa isyarat SIBI). Selain itu, format video pembelajaran yang digunakan adalah format Dokumenter yang membahas topik suatu kenyataan (Adaptasi Makhluk Hidup). Video pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman materi sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Model yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan video pembelajaran ini menggunakan Model Pengembangan Program Media menurut Sadiman, dkk. (2008). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan uji coba lapangan 11 siswa tunarungu. Analisis data hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan ini dilakukan dengan menganalisis data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data kuantitatif tersebut kemudian dijabarkan dan ditentukan kategori kevalidannya. Data kuantitatif hasil validasi ahli media 99%, hasil validasi ahli materi I 93%, hasil validasi ahli materi II 90%, dan uji coba lapangan 89%. Berdasarkan penjelasan yang telah dijelaskan peneliti, dapat disimpulkan bahwa secara umum video pembelajaran ini sangat valid dan layak untuk kegiatan pembelajaran. Sehingga, video pembelajaran dapat menjadi solusi kesulitan peserta didik tunarungu dalam memahami prinsip atau proses saintifik pada pembelajaran IPA khususnya materi Adaptasi Makhluk Hidup. Pengembangan video pembelajaran ini dapat menjadi tolak ukur bagi pengembang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67787

Actions (login required)

View Item View Item