Pengembangan video animasi pembelajaran sub tema pembentukan karakter untuk siswa tunarungu SDLBN Kedungkandang 4 Kelas VI tahun ajaran 2018/2019 / Dian Pradana

Pradana, Dian (2020) Pengembangan video animasi pembelajaran sub tema pembentukan karakter untuk siswa tunarungu SDLBN Kedungkandang 4 Kelas VI tahun ajaran 2018/2019 / Dian Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pradana, Dian. 2019. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter Untuk Siswa Tunarungu SDLBN Kedungkandang 4 Kelas VI Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd. (II) Eka Pramono Adi S.I.P., M.Si. Kata Kunci: media pembelajaran, video animasi, tunarungu, pembentukan karakter Video pembelajaran adalah salah satu media pembelajaran yang disusun secara sistematis terdiri dari materi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, dalam video pembelajaran terdapat audio, video, animasi, dan gambar yang disatukan menjadi satu kesatuan guna mesinambungan guru ,buku tamatik , dan video animasi dengan proses pembelajaran di SDLBN Kedungkandang kelas VI tunarungu. Tujuan dari pengembangan ini untuk menghasilkan suatu produk video pembelajaran yang layak dan valid sebagai sumber belajar yang efektif serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat siswa memiliki sifat pramuka siaga. Media pembelajaran video animasi memiliki kelebihan didalamnya dengan visual yang sangat diperlukan oleh siswa tunarungu. Video animasi dikembangkan sesuai dengan hasil pengamatan terhadap siswa tunarungu. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini mengacu pada pengembangan media pendidikan menurut Sadiman (2009 : 101). Subjek dari penelitian ini merupakan siswa kelas VI SDLBN Kedungkandang 4 Malang dengan menggunkaan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian pengembangan video animasi subtema pembentukan karakter termasuk dalam kategori valid dengan perolehan data dari ahli media sebesar 94%, ahli materi 92%, tanggapan siswa 91%. Uji coba siswa dengan 7 sampel didapatkan jumlah nilai sebesar 495 dengan rata-rata sebesar 70.7%. hasil pengolahan data di atas maka didapatkan hasil jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebesar 85.7% dan jumlah peserta didik yang belum melampaui KKM sebesar 14.2% . hal ini menunjukan bahwa video animasi pembelajaran efektif digunakan dalam proses pembelajaran klasikal. Dalam pemanfaatan video pembelajaran sebaiknya guru dan siswa sudah terbiasa mengoperasikan komputer, kemudian menyediakan sarana pendukung seperti laptop, proyektor dan terakhir adalah membaca petunjuk pemanfaatan dengan cermat, agar nantinya dalam mengoperasikan Video pembelajaran user tidak menemui kesulitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67786

Actions (login required)

View Item View Item