Pengembangan video geografi untuk konten media belajar instagram siswa kelas X SMA Panjura Kota Malang / Dyna Sumda Aswad

Aswad, Dyna Sumda (2020) Pengembangan video geografi untuk konten media belajar instagram siswa kelas X SMA Panjura Kota Malang / Dyna Sumda Aswad. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aswad, Dyna Sumda. 2019. Pengembangan Video Geografi Untuk Konten Media Belajar Instagram Siswa Kelas X SMA Panjura Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Sulthoni, M.PD (II) Dr. Agus Wedi, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: video pembelajaran, geografi, media sosial instagram. Media sosial dapat digunakan sebagai sarana media pembelajaran. Namun pada kenyataannya saat ini belum tampak penggunaan media sosial secara maksimal. Hasil pengamatan peneliti dengan melihat fenomena yang berkembang, bahwa penggunaan media sosial saat ini kebanyakan hanya digunakan oleh siswa untuk sebatas berinteraksi atau chatting sesama teman, game, dan membeli barang secara online. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran menggunakan media sosial instagram. Agar dapat dimanfaatkan dengan layak, praktis, interaktif serta sebagai sumber pembelajaran dan efektivitas untuk materi mitigasi dan bencana alam pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas X SMA Panjura Kota Malang. Pengembangan Video pembelajaran ini mengadaptasi model pengembangan milik Lee dan Owens (2004), langkah pengembangannya adalah: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subyek dalam pengembangan ini adalah siswa SMA Panjura Kota Malang. Hasil pengembangan media video pembelajaran menggunakan media sosial instagram materi mitigasi dan adaptasi bencana alam memenuhi kriteria valid yakni, ahli media 100% yaitu dikategorikan layak, ahli materi 93% yaitu dikategorikan layak, uji skala kecil 86% yaitu dikategorikan layak, uji skala besar 97% yaitu dikategorikan layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran menggunakan media sosial instagram layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA Panjura Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67784

Actions (login required)

View Item View Item