Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar untuk pembelajaran bahasa jawa kelas V SDN Tingal 1 Garum Blitar / Nicholas Septian Trijatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar untuk pembelajaran bahasa jawa kelas V SDN Tingal 1 Garum Blitar / Nicholas Septian Trijatmiko

Trijatmiko, Nicholas Septian (2019) Pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar untuk pembelajaran bahasa jawa kelas V SDN Tingal 1 Garum Blitar / Nicholas Septian Trijatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Trijatmiko Nicholas S. 2019. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V SDN Tingal 1 Garum. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Wedi M.Pd. (II) Saidah Ulfa S.T M.Ed Ph.D. Kata Kunci perpustakaan sekolah sumber belajar bahasa jawa Belajar hakikatnya merupakan proses dalam interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Perpustakaan sekolah merupakan sistem informasi yang didalamnya terdapat aktivitas pengumpulan pengelolaan pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi. Dalam pembelajaran bahasa jawa di SDN Tingal 1 Garum Blitar pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar merupakan bentuk penanaman sikap untuk bertanggung jawab dan melestarikan budaya membaca sejak dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah guru bahasa jawa dan siswa. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap narasumber observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data pemaparan data dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Bentuk pemanfaatan perpustakaan sekolah adalah penanaman sikap sadar untuk membaca dan siswa dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar mereka. Adapun bentuk belajar yang digunakan adalah dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil kemudian siswa ditugaskan untuk mencari sumber belajar yang berada di perpustakaan sekolah. Fasilitas/sumber yang digunakan berupa buku pelajaran bahasa jawa dari berbagai penerbit pepak bahasa jawa dan majalah tentang bahasa jawa. Sedangkan pola penugasan yang dilakukan yaitu dengan membagi siswa kedalam kelompok kecil dan memberi tugas mereka sesuai dengan kemampuan mereka untuk mengerjakan. (2) Faktor pendukung pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk pembelajaran kelas V ini adalah sarana dan prasaran yang berupa perpustakaan sekolah semangat guru dalam melakukan pembelajaran dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah antusias dan semangat siswa dalam melaksanakan pembelajaran bahasa jawa dengan pemanfaatan perpustakaan sekolah penataan buku yang baik dan adanya RPP yang memudahkan guru bahasa jawa dalam pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya petugas perpustakaan tidak adanya struktur perpustakaan sekolah banyak menyita waktu pelajaran kurangnya sumber belajar yang ada di perpustakaan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67781

Actions (login required)

View Item View Item