Analisis butir soal Ujian Akhir Semester (UAS) gasal 2017/2018 muatan Bahasa Indonesia kelas IV SD di Kota Blitar / Ahmad Miftachul Aziz

Azis, Ahmad Miftachul (2018) Analisis butir soal Ujian Akhir Semester (UAS) gasal 2017/2018 muatan Bahasa Indonesia kelas IV SD di Kota Blitar / Ahmad Miftachul Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azis, Ahmad Miftachul. 2018. Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Gasal 2017/2018 Muatan Bahasa Indonesia Kelas IV SD di Kota Blitar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing: (I) Dra. Tri Murti, S.Pd., M.Pd., (II) Drs. Suhel Madyono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : butir soal, uas, bahasa indonesia Tes yang berkualitas bercirikan valid, reliabel, objektif, praktis, dan ekonomis. Butir soal yang berkualitas memiliki taraf kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh yang baik. Temuan pada penilaian harian tema 1 kelas IV SD di Kota Blitar, terdapat butir soal muatan bahasa Indonesia yang kesukarannya mudah, daya pembedanya jelek dan pengecohnya tidak berfungsi. Selain itu, hasil wawancara dengan Guru kelas IV SD bahwasannya analisis butir soal untuk UAS dan UTS belum kontinu dilakukan. Bertolak dari temuan tersebut, perlu diadakan penelitian kualitas butir soal UAS muatan bahasa Indonesia kelas IV SD di Kota Blitar. Penelitian ini mendeskripsikan kualitas butir soal UAS yang ditinjau dari tiga aspek, yakni taraf kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Sumber datanya adalah naskah soal dan lembar jawab UAS. Jumlah populasi peserta didik kelas IV SD sebanyak 2800 siswa, dengan sampel sebanyak 537 siswa. Analisis data penelitian menggunakan aplikasi Ms. Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 51 butir soal yang terdiri dari 35 butir soal pilihan ganda, 11 butir soal isian, dan 5 butir soal uraian yang tersebar pada 5 tema. Ditinjau dari taraf kesukarannya, terdapat 17 butir soal (33%) yang dinyatakan baik, yaitu 13 butir soal pilihan ganda dan 4 butir soal isian. Sementara 34 butir soal (67%) dinyatakan kurang baik. Selain itu proporsi kesukaran setiap tema belum sesuai dengan perbandinagn 3:4:3, hanya tema 5 yang proporsinya sesuai. Ditinjau dari daya pembedanya, terdapat 15 butir soal (30%) yang dinyatakan baik yaitu 12 butir soal pilihan ganda dan 9 butir soal isian. Sedangkan sisanya 36 butir soal (70%) daya pembedanya kurang baik dan perlu direvisi. Terakhir ditinjau dari efektivitas pengecoh untuk 35 butir soal pilihan ganda, terdapat 17 butir soal (49%) yang pengecohnya berfungsi dan dinyatakan baik Sementara sisanya 18 butir soal (51%) pengecohnya tidak berfungsi sehingga perlu direvisi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kualitas butir soal UAS masih kurang baik. Terbukti dengan sedikitnya butir soal yang taraf kesukarannya baik dan sesuai proporsi 3:4:3. Daya pembedanya juga kurang baik begitu pula pengcohnya hanya setengah dari jumlah keseluruhan butir soal yang berfungsi. Dengan demikian, penyusun butir soal hendaknya memperhatikan taraf kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Dengan baiknya ketiga aspek tersebut, maka butir soal dapat dikatakan berkualitas, sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6778

Actions (login required)

View Item View Item