Pengembangan media berbasis komputer kuis interaktif teknik drill and practice pada pelajaran nahwu di Pondok Pesantren Saqlafiyah Putri Al-Islahiyah Malang / Ana Mualimah

Mualimah, Ana (2019) Pengembangan media berbasis komputer kuis interaktif teknik drill and practice pada pelajaran nahwu di Pondok Pesantren Saqlafiyah Putri Al-Islahiyah Malang / Ana Mualimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mualimah, Ana. 2019. Pengembangan Media Berbasis Komputer Kuis Interaktif Teknik Drill and Practice pada Pelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd., (II) Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si. Kata Kunci: media berbasis komputer, kuis interaktif, nahwu, drill and practice Media pembelajaran merupakan komponen integral dalam sistem pembelajaran. Media berfungsi sebagai sarana agar peserta didik lebih dimudahkan dalam memahami materi yang disampaikan. Ilmu nahwu sangat diperlukan dalam memahami literatur-literatur yang berbahasa Arab, terutama al-Qur'an, hadist dan kitab kuning atau kitab klasik yang sulit untuk dipahami yang dijadikan rujukan oleh para ulama dalam mengambil hukum-hukum dalam Islam. Pada praktiknya, pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang hanya memanfaatkan media berupa buku pelajaran. Media yang dipakai dalam proses pembelajaran di dalam kelas adalah kitab Nahwu Jurumiyah. Faktanya, santri mengalami kesulitan dalam mempraktikkan ilmu nahwu. Untuk meningkatkan keterampilan santri dalam mempraktikkan Ilmu nahwu, peneliti mengembangkan media berbasis komputer kuis interaktif yang menggunakan teknik drill and practice pada pelajaran nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Media berbasis komputer kuis interaktif untuk pelajaran nahwu ini dapat melatih santri dalam mempraktikkan ilmu nahwu. Media tersebut dapat diprogram untuk menampilkan ulang apa yang telah ditampilkan tanpa batas, serta menampilkan umpan balik dari respon yang diberikan oleh pengguna. Materi yang diintegrasikan dalam media berbasis komputer kuis interaktif yaitu pokok bahasan “I’rob dan Tanda-tandanya”. Pokok bahasan tersebut merupakan bahasan paling sulit dimengerti menurut santri kelas Tahfidz, yang merupakan subjek pada penelitian ini. Media berbasis komputer kuis interaktif dikembangkan menggunakan aplikasi iSpring Suite 9 – iSpring Quizmaker dan didesain menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CC 2018. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh William W.Lee dan Diana L.Owens. Alasan pemilihan model ini karena model ini merupakan model yang dikhususkan untuk mengembangkan multimedia. Terdapat lima tahapan pengembangan, yaitu: 1) Analysis (Need Assessment dan Front-End Analysis); 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; dan 5) Evaluation. Instrumen penelitian dalam pengembangan ini berupa angket dengan skala likert yang dikembangkan oleh pengembang. Berdasarkan hasil uji validitas media berbasis komputer kuis interaktif teknik drill and practice diperoleh nilai yaitu 85% dari ahli materi dan 95% dari ahli media. Sedangkan untuk hasil uji coba pengguna diperoleh rata-rata 93,5%. Dapat disimpulkan bahwa media layak untuk digunakan dan memperoleh respon yang baik dari pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67779

Actions (login required)

View Item View Item