Pengembangan kurikulum muatan lokal seni ukir di MTs Roudlotul Ulum Jepara untuk kelas VIII / Miftahur Rizka Maulia Mahfudlo

Mahfudlo, Miftahur Rizka Maulia (2019) Pengembangan kurikulum muatan lokal seni ukir di MTs Roudlotul Ulum Jepara untuk kelas VIII / Miftahur Rizka Maulia Mahfudlo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Miftahur Rizka Maulia Mahfudlo. 2019. Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Tari Boran Seni Ukir di MTs Roudlotul Ulum Jepara untuk KelasVIII. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sulton, M.Pd (II) Saida Ulfa, M.Edu.,Ph.D. Kata Kunci: Pengembangan, Kurikulum Muatan Lokal, Seni Ukir Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragamannya, hampir setiap daerah memiliki ciri khas atau potensi yang dapat dibanggakan dan membantu perekonomian negara. Salah satunya adalah Kabupaten Jepara. Jepara memiliki potensi daerah yaitu seni ukir, hal ini perlu dilestarikan agar seni ukir jepara tetap terjaga. Salah satu bentuk untuk melestarikannya adalah melalui dunia pendidikan, dengan mengembangkan kurikulum muatan lokal Seni Ukir Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan kurikulum untuk melaksanakan pembelajaran seni ukir sebagai muatan lokal, yang terdiri dari silabus dan RPP untuk kelas VIII dan teruji validitasnya. Metode pengembangan yang menjadi pedoman adalah model pendekatan kompetensi oleh Toenlioe (2017). Yang menjadi subjek penelitian adalah MTs Roudlotul Ulum Suwawal Jepara. Data yang di gunakan adalah data kualitatif dari hasil observasi dan wawancara dan kuantitatif dari Instrumen ahli kurikulum, ahli materi. Hasil penelitian kurikulum muatan lokal Seni Ukir Jepara ini dinyatakan valid dengan hasil persentase dari ahli kurikulum sebesar 90% dan dari ahli materi sebesar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa kurikulum muatan lokal Seni Ukir Jepara dapat diterapkan dan dikembangkan pada sekolah sebagai terobosan baru dalam pembelajaran yang dapat melestarikan potensi dan ciri khas daerah Jepara. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah kurikulum muatan lokal Seni Ukir Jepara yang dikembangkan termasuk valid dan layak untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67777

Actions (login required)

View Item View Item