Pengembangan kurikulum muatan lokal tari Reog Kendang di SD Negeri 2 Pucangan Kabupaten Tulungagung / Andhika Ramadhani Febriansyah

Febriansyah, Andhika Ramadhani (2019) Pengembangan kurikulum muatan lokal tari Reog Kendang di SD Negeri 2 Pucangan Kabupaten Tulungagung / Andhika Ramadhani Febriansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Febriansyah, Andhika Ramadhani. 2019. Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Tari Reog Kendang Di SD Negeri 2 Pucangan Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr Agus Wedi, S.Pd, M.Pd., (II) Eka Pramono Adi, S.I.P ., M.SI Kata Kunci: Pengembangan, Kurikulum Muatan Lokal, Tari Reog Kendang Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki jumlah penduduk yaitu 39,29 juta penduduk. Secara kultur dan budaya masyarakat Jawa Timur mendapat julukan sebagai wilayah kebudayaan mataram yang memiliki berbagai kebudayaan yang mendapat pengaruh besar dari kerajaan mataram. Dengan ciri khas dan keaekaragaman yang dimilikinya, perlu sebuah langkah untuk mengembangkan dan melertarikan kepada generasi muda. Salah satunya dapat dilestarikan melalui proses pembelajaran yang tersusun didalam kuikulum di sekolah yaitu kurikulum muatan lokal. Pada pengembangan kurikulum muatan lokal ini mengambil potensi yang berada di daerah Kabupaten Tulungagung. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengahasilkan produk kurikulum muatan lokal reog kendang yang tervalidasi sehingga layak digunakan dalam pembelajaran muatan lokal di SDN 2 Pucangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan kurikulum Beuchamp’s System Model. Subjek dalam penelitian ini adalah SDN 2 Pucangan. Jenis data data yang digunakan adalah data kuantitatif ( instrumen ahli kurikulum, ahli materi, dan guru muatan lokal) dan Kualitatif (observasi dan wawancara). Hasil yang diperoleh dari pengembangan kurikulum muatan lokal tari reog kendang yang terdiri dari silabus dan RPP telah dinyatakan valid. Dengan hasil silabus yang di validasi kepada ahli kurikulum yaitu Dosen Teknologi Pendidikan sebesar 83,6% dan ahli materi yaitu guru seni tari reog kendang sebesar 91,66%. Sedangkan untuk RPP telah divalidasi oleh guru muatan lokal yang mendapatkan presentase RPP 1 sebesar 93,33%, RPP 2 sebesar 90%, RPP 3 sebesar 90%, RPP 4 sebesar 90%, RPP 5 sebesar 88,33% dan RPP 6 sebesar 90%. Dari data tersebut menyatakan bahwa kurikulum muatan lokal yang terdiri dari silabus dan RPP telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran muatan lokal di SDN 2 Pucangan. Pengembangan kurikulum muatan tari reog kendang ini merupakan sebuah terobosan untuk melestarikan kebudayaan asli di daerah Tulungagung yang di masukkan ke dalam kurikulum yang digunakan ke dalam pembelajaran muatan lokal di jenjang sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67775

Actions (login required)

View Item View Item