Pengembangan e-modul berbasis mobile learning mata pelajaran seni budaya materi konsep kebudayaan, seni dan keindahan kelas X SMKN 1 Turen Malang / Rizky Ari Pradana

Pradana, Rizky Ari (2019) Pengembangan e-modul berbasis mobile learning mata pelajaran seni budaya materi konsep kebudayaan, seni dan keindahan kelas X SMKN 1 Turen Malang / Rizky Ari Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pradana, Rizky A.P. 2019. Pengembangan e-modul berbasis mobile learning mata pelajaran seni budaya materi pokok konsep kebudayaan, seni dan keindahan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd (II) Eka Pramono Adi, S.I.P.,M.Si (III) Kata Kunci: E-modul, mobile learning, seni budaya Proses pembelajaran seni budaya di SMKN 1 Turen Malang mengalami kesulitan dalam belajar menggunakan media cetak. Penyajian banyak materi berupa teks, serta media cetak hitam putih menjadi masalah umum yang banyak dipaparkan. Maka dibutuhkan sebuah media yang dapat menuntaskan permasalahan yaitu menyusun aplikasi modul elektronik berbasis mobile learning. Aplikasi ini berisi modul seni budaya yang akan meningkatkan pemahaman serta motivasi siswa karena dipadukan dengan unsur gambar, video, serta teks yang disusun secara interaktif. Tujuan pengembangan untuk mendapatkan aplikasi e-modul berbasis mobile learning yang valid serta efektif untuk siswa belajar mandiri. Model pengembangan yang digunakan adalah model Lee & Owens (2004) karena memiliki alur lengkap mulai dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi, serta tahap evaluasi. Audiens untuk penelitan E-modul berbasis mobile learning adalah siswa kelas X SMKN 1 Turen Malang yang berjumlah 28 siswa. Hasil data yang digunakan adalah hasil data jenis kuantitatif dan kualitatif. Hasil tabulasi data aplikasi e-modul berbasis mobile learning materi konsep budaya, seni dan keindahan dinyatakan valid oleh ahli media 96,25 %, ahli materi 93,13%, serta audiens siswa dengan uji lapangan 90,55%. Hasil tabulasi data tes setelah memakai aplikasi dinyatakan terjadi peningktan hasil belajar dengan presentase 96% karena 24 dari 25 siswa berhasil mencapai kkm mata pelajaran Seni Budaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67771

Actions (login required)

View Item View Item