Pengembangan LKS berbasis multiliterasi materi energi pada siswa kelas 3 MI Birul Ulum Sumberjo Kecamatan sanankulon Kabupaten Blitar / Diah Retno Palupi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKS berbasis multiliterasi materi energi pada siswa kelas 3 MI Birul Ulum Sumberjo Kecamatan sanankulon Kabupaten Blitar / Diah Retno Palupi

Palupi, Diah Retno (2018) Pengembangan LKS berbasis multiliterasi materi energi pada siswa kelas 3 MI Birul Ulum Sumberjo Kecamatan sanankulon Kabupaten Blitar / Diah Retno Palupi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

28 RINGKASAN Palupi Diah Retno. 2018. Pengembangan LKS Berbasis Multiliterasi Materi Energi pada Siswa Kelas 3 MI Birul Ulum Sumberjo Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. (II) Yuniawatika M.Pd. Kata Kunci LKS multiliterasi energi Lembar kegiatan siswa (LKS) adalah bahan ajar yang menjadi pilihan guru untuk menyiasati berbagai keterbatasan dalam kegiatan pembelajaran. LKS yang digunakan harus berkualitas agar dapat digunakan secara efektif. LKS yang baik harus memuat syarat pedagogik konstruksi dan teknis. Selain itu LKS juga harus memuat kegiatan dan muatan yang mendukungnya untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Untuk itulah LKS Berbasis Multiliterasi perlu untuk dikembangkan. Dengan dimasukkannya konsep multiliterasi yaitu multikonteks multimedia dan multibudaya dalam LKS maka kualitas LKS akan meningkat. Hal ini disebabkan kesesuaian konsep multiliterasi dengan tuntutan zaman dan kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh generasi di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan LKS Berbasis Multiliterasi sebagai bahan ajar. Kevalidan ditinjau dari segi materi penampilan multiliterasi dan refleksi pembelajaran. Validasi dilakukan oleh ahli materi ahli media dan guru kelas 3 MI Birul Ulum sebagai pengguna. Rancangan dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu tahap awal desain produk dan validasi evaluasi. Tahap awal meliputi analisis kebutuhan analisis materi dan analisis pengguna. Dalam tahap desain produk dilakukan penentuan strategi pengembangan materi ajar penentuan komponen layout dan produksi awal produk. Tahap terahir adalah validasi dan evaluasi yang meliputi konsultasi awal penyusunan instrumen evaluasi produk validasi dan revisi prouk sehingga menghasilkan produk akhir untuk diujikan kepada siswa kelas 3 MI Birul Ulum. Berdasarkan hasil validasi dan evaluasi oleh ahli materi didapatkan persentase kelayakan sebesar 95% oleh ahli media sebesar 95 83% dan oleh guru kelas sebagai pengguna didapatkan persentase kelayakan sebesar 96 42% sehingga LKS memperoleh predikat sangat layak sebagai bahan ajar. Adapun saran penggunaan produk adalah harus dimilikinya kemampuan dasar operasi computer oelh guru ketersediaan media LCD Proyektor dan penguasaan materi oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6777

Actions (login required)

View Item View Item