Analisis pemanfaatan search engine dalam meningkatkan self-regulated learning mahasiswa Teknologi Pendidikan / Nila Rukmi Kusuma Ningrum

Ningrum, Nila Rukmi Kusuma (2019) Analisis pemanfaatan search engine dalam meningkatkan self-regulated learning mahasiswa Teknologi Pendidikan / Nila Rukmi Kusuma Ningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ningrum, Nila R. K. 2019. Analisis Pemanfaatan Search Engine dalam meningkatkan Self-Regulated Learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe, M.Pd, (II) Drs. H. Zainul Abidin, M.Pd. Kata kunci : Analisis, Search Engine, Self-regulated Learning Kegiatan belajar di bangku perkuliahan mengharuskan mahasiswa untuk belajar mandiri (Self-regulated learning). Dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah, mahasiswa seringkali mengakses Internet. Segala informasi dicari dengan bantuan mesin pencari (search engine). Informasi yang dapat diakses oleh mahasiswa sangat luas dan bebas. Mahasiswa ditantang untuk mengatur sendiri cara belajar mereka dalam luasnya informasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa Teknologi Pendidikan mengenai pemanfaatan search engine dalam kegiatan belajar, 2) mendeskripsikan kemampuan self-regulated learning mahasiswa Teknologi Pendidikan 3) mendeskripsikan kegiatan pemanfaatan search engine dalam meningkatkan self-regulated learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian berupa catatan lapangan, hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa memanfaatkan search engine saat mencari sesuatu di Internet. Pencarian untuk berbagai kebutuhan sehari-hari, terutama dalam belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Motivasi belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan dipengaruhi oleh faktor diri dan luar diri, yaitu teman. Mahasiswa masih melakukan pencarian informasi di internet dengan pola yang sederhana. Mahasiswa seringkali mencari (searching) satu informasi tanpa memadukan dengan informasi dari sumber lain yang didukung oleh fakta. Saran bagi mahasiswa yaitu perlu lebih kritis dalam menyeleksi segala informasi yang diperoleh. Mahasiswa perlu memadukan antara satu informasi dengan informasi dari sumber lain, disertai fakta pendukung. Selain itu, mahasiswa perlu terus melatih kemampuan self-regulated learning dengan menyadari motivasi diri, meningkatkan kemampuan kognitif dengan berpikir kritis, serta mengevaluasi dan merefleksi diri dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67769

Actions (login required)

View Item View Item