Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan aksesibilitas mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018 terhadap penerapan SIPEJAR / Aisyah Ayu Qonita

Qonita, Aisyah Ayu (2019) Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan dan aksesibilitas mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018 terhadap penerapan SIPEJAR / Aisyah Ayu Qonita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Qonita, Aisyah Ayu. 2019. Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Aksesibilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2018 terhadap Penerapan SIPEJAR. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd (II) Yerry Soepriyanto, S.T., M.T Kata Kunci : SIPEJAR Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Aksesibilitas, Perkembangan teknologi pembelajaran yang begitu pesat telah memberikan dampak yang sangat luas terhadap pendidikan di abad 21 ini termasuk pendidikan di perguruan tinggi. Pembelajaran konvensional secara perlahan semakin berubah menjadi pembelajaran yang lebih modern dengan implementasi variasi model dan strategi pembelajaran yang beragam dengan memanfaatkan teknlogi. SIPEJAR menjadi salah satu pilihan Universitas Negeri Malang dalam mengembangkan pembelajaran E-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan aksesibilitas mahasiswa fakultas ilmu pendidikan angkatan 2018 terhadap penerapan SIPEJAR yang ditinjau dari tiga variabel penelitian yaitu variabel persepsi kegunaan, variabel kegunaan kemudahan, dan aksesibilitas . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 91 mahasiswa dari tiga jurusan di Fakultas Ilmu Pendidikan yaitu Jurusan Teknologi Pendidikan, Bimbingan Konseling, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang telah menggunakan SIPEJAR dengan aktif. Teknik ini menggunakan teknik total sampling dengan jumlah mahasiswa 91 mahasiswa. Selanjutnya, data yang telah diperoleh diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Untuk menghitung dalam pengolahan data dibantu dengan menggunakan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018 pada penerapan SIPEJAR yang terdapat tiga aspek penelitian yaitu aspek meningkatkan kinerja belajar, aspek mudah dipahami, dan aspek teknologi yang digunakan dirasa bermanfaat termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (Mean) 26,1 dan persentase 72,5 %. Selanjutnya persepsi kemudahan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018 pada penerapan SIPEJAR yang terdapat dua aspek penelitian yaitu aspek mudah dipelajari dan mudah dioperasikan termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (Mean) 19,47 dan persentase 70 %. Sedangkan variabel aksesibilitas mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018 pada penerapan SIPEJAR yang terdapat dua aspek penelitian yaitu kemudahan akses dan tampilan mudah dipahami termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata (Mean) 31,78 dan persentase 72,2 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67768

Actions (login required)

View Item View Item