Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan / Tsuwaybah Al Aslamiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan / Tsuwaybah Al Aslamiyah

Al Aslamiyah, Tsuwaybah (2019) Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan / Tsuwaybah Al Aslamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Aslamiyah. T. A. 2019. Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Blended Learning Kemandirian Belajar Sudah seharusnya jika mahasiswa menggunakan kemampuan mereka sendiri untuk memecahkan suatu masalah. Akan tetapi lingkungan pendidikan tidak memposisikan untuk mengajarkan kemampuan tersebut kepada mahasiswa. Perkembangan pembelajaran di era digital native telah mendorong munculnya blended learning sebagai model pembelajaran yang dirasa sangat sesuai dan mendukung perkembangan zaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan pada saat diterapkan blended learnig. Responden dalam penelitian ini berjumlah 96 (sembilan puluh enam) mahasiswa jurusan teknologi pendidikan angkatan 2016 universitas negeri malang. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini mahasiswa diberikan kuesioner terkait blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa. Ada 6 (enam) indikator kemandirian belajar dan 5 (lima) indikator penerapan blended learning yang akan dijadikan acuan dalam penelitian ini. Hasil dari Analisis data mengungkapkan bahwa kemandirian belajar berdasarkan indikator 1) ketidaktergantungan terhadap orang lain presentase hasilnya adalah 78 19% 2) memiliki kepercayaan diri presentase hasilnya adalah 75 347 % 3) berperilaku disiplin presentase hasilnya adalah 74 305 % 4) memiliki rasa tanggung jawab presentase hasilnya adalah 77 60 % 5) berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri hasil presentasenya adalah 74 80 % dan 6) melakukan kontrol diri hasil presentasenya adalah 76 388 %. Sedangkan dalam variabel penerapan blended learning terdapat 5 (lima) indikator antara lain 1) kebutuhan blended learning presentase hasilnya adalah 79 69 % 2) perencanaan pembelajaran presentase hasilnya adalah 76 17% 3) pelaksanaan pembelajaran presentase hasilnya adalah 76 3% 4) evaluasi pembelajaran presentase hasilnya adalah 74 74% dan 5) dampak penerapan blended learning terhadap kemandirian belajar presentase hasilnya adalah 77 6%. Dengan menggunakan blended learning mahasiswa lebih dimudahkan dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67764

Actions (login required)

View Item View Item