Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SD / Tri Wahyu Ningtiyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SD / Tri Wahyu Ningtiyas

Ningtiyas, Tri Wahyu (2019) Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas V SD / Tri Wahyu Ningtiyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Sendy Rosana Siwi. 2019. Analisis Visual Cover Buku My Own World Karya Khalezza Tria. N. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hariyanto M.Hum (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd M.Pd Kata Kunci analisis visual cover buku desain Cover merupakan media komunikasi visual yang bertujuan untuk menyampaikan pesan informasi dan ilmu pengetahuan. Salah satu daya tarik pada media bacaan adalah dengan membuat tampilan fisik yang menarik yaitu melalui desain cover. Karena keefektifan di cover menekankan pada bentuk tampilan selain juga pada isinya. Sehingga antara tampilan desain cover dengan isi harus saling keterkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tampilan visual cover buku My Own World dan mendeskripsikan setiap unsur yang terkandung di dalam cover tersebut yaitu ilustrasi warna tipografi dan layout. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif objek peneltiannya adalah cover buku My Own World. Penelitian ini difokuskan pada cover bagian depan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mendiskripsikan unsur-unsur visual yang ada dengan kaitannya terhadap isi buku. Analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data berarti merangkum memilih hal-hal pokok memfokuskan pada hal-hal yang penting dicari tema dan polanya dan membuang yang tidak perlu. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada cover buku My Own World mengandung unsur-unsur visual yaitu ilustrasi warna tipografi dan layout yang dapat mengkomunikasikan pesan atau isi yang memang sudah menerapkan prinsip desain seperti kesatuan (unity) keseimbangan (balance) irama (ritme) dan penekanan (emphasis). Daya tarik visualnya mengandung kesan unik lain daripada yang lain karena ditunjang oleh kekonsistenan menggunakan ilustrasi kartun dan doodle menggunakan warna yang rata-rata monochrome penggunaan jenis huruf Sans Serif yang tepat dan tata letak objek yang dinamis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67763

Actions (login required)

View Item View Item