Pengembangan media pembelajaran interaktif kearifan lokal Banyuwangi untuk kelas V SDN 3 Kepundungan Kabupaten Banyuwangi / Dinar Khoirun Najib

Najib, Dinar Khoirun (2019) Pengembangan media pembelajaran interaktif kearifan lokal Banyuwangi untuk kelas V SDN 3 Kepundungan Kabupaten Banyuwangi / Dinar Khoirun Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Najib, Dinar Khoirun. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Banyuwangi untuk Kelas V SDN 3 Kepundungan Kabupaten Banyuwangi, Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Saida Ulfa, M.Edu., Ph.D. (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Muatan Lokal, Minat Belajar Pesatnya ilmu teknologi sangatlah berpengaruh dalam menunjang pembelajaran di dunia pendidikan saat ini. Salah satunya media pembelajaran interaktif, media pembelajaran yang mampu membantu memudahkan guru menciptakan interaksi dalam menyampaikan materi dan membantu siswa memahami isi materi lebih mudah. Hal ini merupukan bidang garapan seorang teknolog pendidikan, seperti yang tertulis di Visi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang adalah: Menjadi pusat keunggulan dan rujukan dalam penyiapan teknolog pendidikan/pembelajaran, ilmuwan pembelajaran, tenaga pendidik dan kependidikan yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi belajar dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan. Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan produk Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Banyuwangi untuk Kelas V di SDN 3 Kepundungan Kabupaten Banyuwangi yang valid atau layak. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan teori dari model pengembangan media menurut Lee and Owens (2004). Alasan digunakan model pengembangan ini karena memiliki alur yang lengkap, dimulai dari tahap analisis serta penilaian, tahap desain, tahap pengembangan, implementasi dan tahap evaluasi. Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan materi. Sasaran uji coba adalah seluruh siswa kelas V di SDN 3 Kepundungan Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan uji validasi Ahli Materi dan Media menilai Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Banyuwangi layak digunakan untuk pembelajaran, dengan rata-rata presentase dari ahli materi dan media adalah 98,75%, dan 96,25%. Sedangkan uji validasi kelompok besar terhadap 38 siswa mendapatkan rata-rata presentasi 87,36%. Sehingga diperoleh hasil bahwa media pembelajaran interaktif valid atau layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67762

Actions (login required)

View Item View Item