Hubungan antara self kontrol dan internet addiction disorders pada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Mufidatun Lila Anggraeni

Anggraeni, Mufidatun Lila (2019) Hubungan antara self kontrol dan internet addiction disorders pada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2016 Universitas Negeri Malang / Mufidatun Lila Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Anggraeni, Mufidatun Lila, 2019. Hubungan Antara Self Kontrol Dengan Internet Addiction Disorders Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd (II) Dr. Sulthoni, M.Pd Kata Kunci : Self Kontrol, Internet Addiction Disorders, Korelasi Internet merupakan suatu media informasi yang menawarkan sebuah kenyamanan yang tidak bisa ditemui dalam saluran informasi lainnya. Kenyamanan dalam bentuk kecepatan akses, serta keberagaman informasi. Penggunaan internet secara berlebihan dan terus menerus dapat dikategorikan ke dalam gangguan Internet Addiction Disorders (IAD). Adiksi terhadap internet dapat dilihat dari waktu seseorang terpaku pada segala macam alat elektorik yang memiliki koneksi terhadap internet, dimana berakibat banyaknya waktu yang terpakai untuk menjelajah internet membuat mereka acuh terhadap lingkungan bahkan acuh terhadap kehidupan mereka yang terancam. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi kecanduan interenet, yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal seperti keluarga, teman sebaya, dan sosial budaya. Sedangkan faktor internalnya merupakan kepribadiannya, kontrol diri, minat, motif, dan usia. Kontol diri merupakan suatu kemampuan seseorang dalam suatu kepekaan untuk membaca situasi diri dan lingkungannya serta kemampuan untul mengontrol perilaku sesuai dengan situasi dan kondisi dalam bersosialisasi dengan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahi hubungan antara self Kontrol dengan internet addiction disorders pada mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan data dengan angket dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Data yang telah dianalisis didapatkan rerata dari nilai self kontrol adalah 118,89. Nilai terendah adalah 3,36 dan nilai tertinggi adalah 4,31. Sedangkan skor IAD memiliki rerata 107,68 dengan nilai terendah adalah 3,36 dan nilai tertinggi adalah 4,31. Setelah melakukan uji signifikansi antara variable self kontrol dan IAD menggunakan uji korelasi product-moment pearson didapatkan hasil sigifikansi 0,00. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05 atau dapat diartikan Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian di Jurusan Teknologi Pendidikan angkatan 2016 Universitas Negeri Malang, tentang hubungan Self Kontrol dengan Internet Addiction Disorders mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2016 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara self kontrol mahasiswa dengan Internet Addiction Disorders.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67761

Actions (login required)

View Item View Item