Pengembangan video animasi pembelajaran tentang budaya reog Ponorogo sebagai suplemen dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas 4 di SDN 2 Bedikulon Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Andi Pratama

Pratama, Andi (2019) Pengembangan video animasi pembelajaran tentang budaya reog Ponorogo sebagai suplemen dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas 4 di SDN 2 Bedikulon Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo / Andi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratama, Andi. 2019. Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Tentang Budaya Reog Ponorogo Sebagai Suplemen Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Kelas 4 di SDN 2 Bedikulon Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saida Ulfa, S.T, M.Edu., Ph.D. (II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd. Keywords : Pengembangan, Animasi Video Pembelajaran, Reog Ponorogo. Pendidikan dengan memanfaatkan teknologi akan mempermudah proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat diperlukan yang bersifat melengkapi dan menjadi bagian yang sangat penting dalam keberhasilan proses Pendidikan disekolah. Media video dalam pembelajaran akan membatu guru atau pengajar dalam menyampaikan materi dan menciptakan suasana belajar yang tidak monoton, serta akan membantu memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan guru atau pengajar. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan video pembelajaran ektrakulikuler kesenian Reog Ponorogo yang valid dan sesuai dengan kebutuhan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sadiman (2010). Berdasarkan uji coba validasi yang dilakukan terhadap ahli media, ahli materi, dan siswa dapat disimpulkan bahwa media video yang telah dikembangkan termasuk kategori valid. Selain itu berdasarkan tes belajar terhadap siswa dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan termasuk kategori efektif. Sehingga media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini dikategorikan valid dan efektif untuk dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran ektrakulikuler kesenian Reog Ponorogo. Penelitian yang di lakukan di SDN 2 Bedikulon menggunakan model pengembangan Sadiman. Tahap - tahap dalam pengembangan media sesuai dengan model Sadiman meliputi tahapan sebagai berikut: (1) identifikasi kebutuhan, (2) perumusan tujuan pembelajaran, (3) pengembangan materi, (4) pengembangan alat evaluasi, (5) penulisan naskah, (6) produksi media, (7) menyusun petunjuk pemanfaatan, (8) validasi/tes, (9) revisi. Subjek penelitian dalam pengembangan adalah siswa kelas IV SDN 2 Bedikulon yang berjumlah 37 siswa. Media video pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan uji coba pada siswa. Berdasarkan hasil angket Ahli Media diperoleh presentase 97,5% termasuk dalam kategori Cukup Valid. Ahli Materi 88,75% termasuk dalam kategori Cukup Valid. Uji coba Kelompok Besar 92,3% dan termasuk dalam kategori Valid. Berdasarkan data tes hasil belajar diperoleh hasil pre - test 78% dan hasil post - test 94%. Berdasarkan hasil validasi dan tes hasil belajar, pengembangan media video pembelajaran ini memenuhi kriteria Valid dan Layak digunakan dalam proses pembelajaran. Media video pembelajaran ini dikategorikan Efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Reog Ponorogo di SDN 2 Bedikulon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67760

Actions (login required)

View Item View Item