Pengembangan media pembelajaran infografis sebagai penguatan kognitif siswa kelas X MIA di SMA Negeri 3 Kota Batu / Via Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran infografis sebagai penguatan kognitif siswa kelas X MIA di SMA Negeri 3 Kota Batu / Via Wulandari

Wulandari, Via (2019) Pengembangan media pembelajaran infografis sebagai penguatan kognitif siswa kelas X MIA di SMA Negeri 3 Kota Batu / Via Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Wulandari Via. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Infografis sebagai Penguatan Kognitif Siswa Kelas X MIA di SMA Negeri 3 Kota Batu. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Zainul Abidin M.Pd. (II) Dr Henry Praherdhiono S. Si. M.Pd. Kata Kunci Infografis Penguatan Kognitif Perkembangan IPTEK mendorong perkembangan yang terjadi pada media pembelajaran. Pada mulanya pembelajaran hanya menggunakan media berupa buku teks LKS bagan atau bahkan hanya berupa papan tulis yang dibantu dengan pemberian ceramah oleh guru. Saat ini pembelajaran yang bersifat konvensional tergantikan dengan pembelajaran berbasis teknologi informasi. Perangkat TIK dikembangkan untuk memberikan pengetahuan yang berharga dengan cepat terlepas dari keterbatasan ruang dan waktu. Penerapan kurikulum saat ini juga menimbulkan pengaruh paradigma konstruktivistik dalam kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Perubahan tersebut mengakibatkan media pembelajaran yang dikembangkan harus dapat mendukung kegiatan belajar siswa secara mandiri. Media pembelajaran yang menarik untuk pembelajaran mandiri contohnya adalah berbasis visual. Media tersebut dapat memperjelas dan mempermudah pemahaman menumbuhkan minat mempertajam ingatan serta dapat mengaitkan antara isi materi yang dipelajari dengan kondisi di dunia nyata. Melalui penggunaan media berbasis visual komunikasi visual dapat ditransfer kepada siswa secara signifikan. Komunikasi visual dapat mendukung hasil belajar kognitif siswa di tingkat pengetahuan dan pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran infografis yang layak atau valid dan efektif sebagai pembelajaran mandiri untuk siswa kelas X MIA di SMA Negeri 3 Kota Batu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Setelah mengembangkan produk media selanjutnya dilakukan uji validasi oleh ahli dan uji coba oleh siswa. Uji validasi dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Apabila terdapat saran perbaikan dari para ahli media direvisi untuk kemudian dilakukan percobaan dan uji coba kepada 43 siswa kelas X MIA di SMA Negeri 3 Kota Batu. Hasil analisis data validasi oleh ahli materi didapatkan skor rata-rata sebesar 3 79 dari ahli media didapatkan skor rata-rata 3 97 dari hasil uji coba perseorangan didapatkan skor rata-rata 3 24 dari hasil uji coba kelompok kecil didapatkan skor rata-rata 3 38 dan dari hasil uji coba menyeluruh didapatkan skor 3 25. Pada uji peningkatan hasil belajar menggunakan infografis ditemukan hasil bahwa siswa memperoleh rata-rata nilai gain sebesar 0 59. Dari penjabaran tersebut dapat disimpulkan bahwa infografis valid atau layak dan cukup mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67759

Actions (login required)

View Item View Item