Pengembangan video animasi motion graphics pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang benda tunggal dan campuran kelas V sekolah dasar / Yudha Aldila Efendi

Efendi, Yudha Aldila (2019) Pengembangan video animasi motion graphics pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang benda tunggal dan campuran kelas V sekolah dasar / Yudha Aldila Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Efendi, Yudha Aldila, 2019. Pengembangan Video Animasi Motion Graphics Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA Tentang Benda Tunggal dan Campuran Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Eka Pramono Adi, S.IP, M.Si (II) Dr. Sulthoni, M.Pd Kata Kunci : Media, Video Animasi, Motion Graphics, IPA Sekolah Dasar. Perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berpengaruh besar terhadap perkembangan kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini. Pemanfaatan TIK mutlak digunakan untuk kelancaran proses pembelajaran pada Kurikulum 2013. Peran media seperti video dalam pembelajaran akan membantu guru untuk menyampaikan materi secara maksimal dan menciptakan susasana belajar yang menyenangkan, menarik, dan dapat memotivasi siswa agar tetap fokus dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media video animasi motion graphics pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi benda tunggal dan campuran kelas V di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang yang valid dan efektif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall dalam Setyosari (2013) dengan melalui 7 tahapan penelitian yang telah dimodifikasi oleh peneliti yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Subjek uji coba pada pengembangan media video animasi motion graphics pembelajaran IPA tentang benda tunggal dan campuran adalah 43 siswa kelas V SDN Pandanrejo 1. Jenis data yang digunakan disesuaikan dengan tujuan penelitian, data yang dikumpulkan terdiri dari dua macam yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif adalah hasil angket ahli materi, ahli media, dan audiens, sedangkan data kualitatif diperoleh dari tanggapan ahli materi, ahli media, dan audiens terhadap media. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh hasil keseluruhan 87,5%, ahli materi diperoleh hasil keseluruhan 83,3%. Sedangkan hasil uji coba pada siswa kelas V di SDN Pandanrejo 1 yaitu uji coba perorangan diperoleh 100%, uji coba kelompok kecil 97%, dan uji coba kelompok besar sebesar 97,3%. Selain itu berdasarkan tes hasil belajar siswa, jumlah siswa yang mencapai KKM mencapai tingkat persentase 81,39%. Dapat disimpulkan bahwa media video animasi motion graphics pembelajaran ini dikatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67758

Actions (login required)

View Item View Item