Penyelenggaraan blended learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ananda Dwi Ramadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penyelenggaraan blended learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ananda Dwi Ramadani

Ramadani, Ananda Dwi (2019) Penyelenggaraan blended learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Ananda Dwi Ramadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Ramadani Ananda. D. 2019. Penyelenggaraan Blended Learning di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sulthoni M.Pd (II) Dr. Agus Wedi S.Pd M.Pd Kata Kunci penyelenggaraan blended learning teknologi pendidikan Penggunaan blended learning dalam pembelajaran juga dirasakan oleh Jurusan Teknologi Pendidikan. Jurusan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memfasilitasi belajar dan memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan. Jurusan Teknologi Pendidikan merupakan jurusan yang melakukan uji coba atau riset tentang pembelajaran blended learning dari tahun 2005 hingga saat ini. Pembelajaran yang menggunakan blended learning kini telah diatur pada pedoman pendidikan Universitas Negeri Malang 2018/2019 tentang sistem pengolaan pembelajaran dengan menggunakan SIPEJAR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penyelenggaraan blended learning di jurusan Teknologi Pendidikan dari perancangannya pelaksanaan serta faktor-faktor yang berpengaruh dan evaluasi pembelajaran blended learning. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diambil peneliti adalah mahasiswa angkatan 2016 yang sedang mengikuti perkuliahan Lingkungan Belajar. Wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah dan beberapa mahasiswa angkatan 2016 yang sedang mengikuti mata kuliah lingkungan belajar. Penyelenggaraan blended learning di jurusan Teknologi Penddikan pada mata kuliah lingkungan belajar sudah menyiapkan perencanaan pembelajaran dari segi pertemuan kelas pertemuan online penilian pembelajaran serta kesiapan sumber daya untuk mendukung pelaksanaan. Pada penerapanya di jurusan Teknologi Pendidikan menggunakan model yang paling sederhana yang menggambungkan tatap muka dan online learning 30-70%. Sumber daya manusia berpengaruh terhadap keberhasilan blended learning. Sarana dan prasarana yang ada di jurusan sudah cukup mendukung dengan pembelajaran blended learning. Evaluasi pembelajaran pembelajaran blended learning yang diterapkan di jurusan Teknologi Pendidikan menggunakan portofolio hasil mahasiswa. Sehingga dosen mampu mengamati kemajuan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67757

Actions (login required)

View Item View Item