Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android mata pelajaran IPA materi cahaya untuk kelas VIII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto / Ian Bimasta Pradana

Pradana, Ian Bimasta (2019) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android mata pelajaran IPA materi cahaya untuk kelas VIII SMP Negeri 2 Sooko Mojokerto / Ian Bimasta Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pradana, Ian Bimasta. 2019. Pengembangan Multimedia PembelajaranInteraktifBerbasis Android Mata Pelajaran IPA MateriCahayauntukKelas VIII SMP Negeri 2 SookoMojokerto. Skripsi, JurusanTeknologiPendidikan, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. PunajiSetyosari, M.Pd, M.Ed, (II) Dr. Sulthoni, M.Pd. Kata Kunci: multimedia pembelajaraninteraktif, android, IPA (cahaya) Media memegangperananpentingdalampendidikan. Media pembelajarandapatmeningkatkanmotivasisiswadalambelajarsertamerangsangdanmenarikperhatiansiswa. Salah satu media yang diminatisiswaadalah yang bersifat multimedia. Penelitimemilih multimedia interaktif agar siswadapatmenunjang proses belajarmandiri, karenasiswadiberikeleluasaandalammengoperasikan media pembelajarantersebut. Teknologi yang dapatdigunakanuntuksebuahpembelajaranyaitudenganmenggunakanperangkatgenggam (M-Learning). Mobile learningberbasis android diharapkandapatmengaksespembelajarandimanapundankapanpunmelaluismartphonetanpadikenaibiaya, sertadapatdigunakanberkali kali dandapatdipergunakanuntukbelajarsecaramandiri. Penelitianinitermasukjenispenelitiandanpengembangan (Research & Development). Prosedurpengembanganmelaluilimatahapan. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMPN 2 Sooko, seorang guru matapelajaran IPA, dandosenTeknologiPendidikanUniversitasNegeri Malang. Mata pelajaran yang digunakandalampengembangan media pembelajaraniniadalahIlmuPengetahuanAlam (IPA) matericahaya. Instrumenpengumpulan data yang digunakanyaituwawancaradanangket. Data yang telahdiperoleh di analisisuntukmemperolehhasilujicoba media yang dilakukan. Hasilvalidasiolehahli media diperolehskorpersentasesebesar 97,5%, ahlimateridiperolehskorpersentasesebesar 97,5%, ujicobaperseorangandiperolehskorpersentasesebesar 81,25%, hasildariujicobakelompokkecildiperolehskorpersentasesebesar 77,75%, sedangkanujicobalapangandiperolehskorpersentasesebesar 82,625%. Berdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwa multimedia interaktifberbasis android matapelajaran IPA MateriCahayauntukKelas VIII SMP Negeri 2 SookoMojokerto valid danlayakuntukdigunakansebagai media pembelajaranmandiri. Bagipengembanganproduklebihlanjut, penelitimenyarankanuntukmenambahkan video dalammateri, menambahkangambaruntukmemperkayacontoh-contohuntukpenjelasanmateri, menyusunmateri yang mudahdipahami, memperbaikandalampenggunaanjenis font danukuran font yang lebihdiperjelas, danmeningkatkualitas video. Sedangkanuntukpenelitianlebihlanjut, penelitimenyarankanpengembangan multimedia interaktifberbasis android matapelajaran IPA matericahayainidapat di ujiefektifitasnyakepadasubjek yang lebihluas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67756

Actions (login required)

View Item View Item