Pengaruh multimedia tutorial terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang / Rizka Ditta Anggraeni

Anggraeni, Rizka Ditta (2019) Pengaruh multimedia tutorial terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas X SMK Negeri 4 Malang / Rizka Ditta Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Rizka Ditta. 2019. Pengaruh multimedia tutorial terhadap hasil belajar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Sulton, M.Pd. (II) Dr. Sulthoni, M.Pd Kata Kunci:Pengaruh,Multimedia Tutorial, Bahasa Indoneisa Berdasarkan observasi yang dilakukan sekolah SMK Negeri 4 Malang kelas X, pembelajaran Bahasa Indonesia belum berjalan maksimal karena proses pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional. Siswa juga mengalami kesulitan dan merasa bosandalam belajar karena materi hanya berasal dari penjelasan gru dan slide di power point.Penyampaian materi secara berlanjut pada setiap pertemuan, membuat siswa yang belum memahami materi di awal menjadi tertinggal dan mengakibatkan hasil belajar tidak maksimal saat diadakan tes. Penggunaanmultimedia tutorial dapat membuat suasana belajar menjadi lebihinteraktif sehingga proses pembelajaran menjadi kondusif, dan juga mampu memaksimalkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaranBahasa Indonesia.Selain itu multimedia tutorial memberikan pilihan pada siswa untuk belajar dengan mandiri danmembuat siswa belajar dengan nyaman, sesering yang mereka mau untuk meninjau materi atau memahami konsep. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia tutoial terhadap hasil belajar danmembuktikan apakah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan multimedia tutorialdengan siswa yang tidak menggunakan multimedia tutorial. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Peneliti membandingkan hasil belajar dari dua kelompok yang berbeda. Kelompok yang dibandingkan adalah kelompok eksperimen (X Mekatronika) dan kelompok kontrol (X TKJ A). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, Berdasarkan tabel Statistik Uji, nilai PadaEqual variance assumeddapat dilihat bahwa uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan thitungsebesar -4,767. Nilai ttabel yang didapat dari data ini 1,994 dengan df = 68 dan taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung -4,767lebih kecil dari ttabel 1,994 dan nilai sig (2-tailed)0,000lebih kecil dari 0,05. Diperoleh thitungnegatif karena penelitian ini memakai uji 2 arah meskipun hasil thitungnegatif atau positif tidak diperhatikan. Berdasarkan uji hipotesis tersebut, maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Karena Ha diterima maka dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia tutorial dengan siswa yang tidak menggunakan multimedia tutorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67754

Actions (login required)

View Item View Item