Pelaksanaan sistem kredit semester dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Malang / Dwi Risdyanti

Risdyanti, Dwi (2019) Pelaksanaan sistem kredit semester dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Malang / Dwi Risdyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Dwi, Risdyanti. 2019. Pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd., (II) Saida Ulfa, S.T., M.Ed., Ph.D. Kata Kunci: kurikulum 2013, SKS, pembelajaran IPA Penerapan kurikulum 2013 dengan program SKS pada jenjang pendidikan menengah, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA kelas VII pola 4 semester, kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan Sistem Kredit Semester dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 3 Malang belum terlaksana secara optimal, masih menggunakan sistem setengah paket, belum SKS murni. Pelaksanaan pembelajaran IPA sudah sesuai dengan RPP yang mengacu pada Kurikulum 2013. Hal ini dapat terlihat dari seluruh komponen yang ada saling mendukung. Proses pembelajaran menekankan pada teroptimalnya potensi peserta didik dalam mempercepat proses belajar. Proses pembelajaran dipersingkat dengan menggunakan metode diskusi dan mengoptimalkan proses saintifik “menanya”. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dengan SKS menekankan pada 3 komponen yaitu kegiatan tatap muka, kegiatan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Proses pembelajaran telah berpusat pada peserta didik, guru sudah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan pedoman kurikulum 2013 dengan Sistem Kredit Semester. (2) kendala yang timbul dalam melaksanakan pembelajaran IPA dengan SKS yaitu guru belum bisa memilih materi secara esensial sehingga materi yang diberikan masih bersifat umum belum spesifik. (3) Solusi yang dilakukan yaitu dengan mengadakan workshop dan diklat bagi guru untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan pedoman kurikulum 2013 dan SKS. Pelaksanaan pembelajaran IPA dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan SKS siswa kelas VII 4 semester sudah baik dilakukan oleh guru IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67753

Actions (login required)

View Item View Item