Pengembangan multmedia interaktif mata pelajaran geografi pada siswa kelas X SMA Panjura Kota Malang / Dewi Rokhayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multmedia interaktif mata pelajaran geografi pada siswa kelas X SMA Panjura Kota Malang / Dewi Rokhayani

Rokhayani, Dewi (2019) Pengembangan multmedia interaktif mata pelajaran geografi pada siswa kelas X SMA Panjura Kota Malang / Dewi Rokhayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rokhayani Dewi. 2019. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Gamifikasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Kelas X SMA Panjura Kota Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Drs. H. Zainul Abidin M.PD. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif Dinamika Hidrosfer Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang telah dilengkapi alat pengontrol dan dapat dioperasikan oleh penggunanya sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Multimedia interaktif didesain untuk menunjang proses belajar mandiri karena siswa diberikan keleluasaan dalam mengoperasikan sebuah media pembelajaran media interaktif. Multimedia interaktif berbasis gamifikasi adalah salah satu inovasi baru dalam dunia pendidikan yang menggabungkan beberapa elemen game dengan pembelajaran. Metode Penggabungan ini sangat cocok untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik dengan mendorong pengguna untuk terlibat secara langsung. Kurangnya pengenalan gamifikasi dalam dunia pendidikan menjadikan metode ini tidak begitu terkenal dibandingkan metode lainnya. Tujuan dari pengemangan ini adalah untuk menghasilkan suatu produk multimedia interaktif yang layak praktis dan interaktif sebagai sumber belajar dan efektif untuk untuk materi dinamika hidrosfer pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X. Pengembangan Multimedia ini menggunakan model pengembangan media pembelajaran Lee W.W. Owens D.L. adapun langkah-langkah pengembangannya yaitu (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) Implementasi dan (5) evaluasi. Jenis instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket siswa validasi ahli materi dan validasi ahli media. Subjek yang dituju dalam validasi pengembangan adalah siswa kelas X SMA Panjura Kota Malang. Multimedia pembelajaran interaktif ini divalidasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi serta ujicoba perorangan sebanyak 1 orang uji coba kelompok kecil sebanyak 4 orang dan uji coba lapangan sebanyak 36 orang. Setelah dilakukan metode analisis hasil yang didapatkan adalah multimedia interaktif ini dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai mdia pembelajaran. Hasil pengembangan multimedia interaktif layak digunakan. persentase hasil validasi dari ahli media didapatkan skor sebesar 96 6% ahli materi didapatkan skor pesentase 95 5% dari ujicoba perseorangan didapatkan skor persentase sebesar 95% dari ujicoba kelompok kecil didapat skor persentase 92 9%. Sehingga diperoleh hasil bahwa multimedia interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Dinamika Hidrosfer Kelas X SMA Panjura Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67752

Actions (login required)

View Item View Item