Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berdasarkan gaya belajar pada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2017 / Moh. Fahmil Mustafid

Mustafid, Moh. Fahmil (2019) Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berdasarkan gaya belajar pada mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2017 / Moh. Fahmil Mustafid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ringkasan Mustafid, Moh. Fahmil. 2019. Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Berdasarkan Gaya Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang Angkatan 2017. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Agus Wedi, S.Pd., M.Pd., (II) Eka Pramono Adi, S.IP., M.Si. Kata Kunci: Indeks Prestasi Kumulatif, gaya belajar, prestasi belajar. Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan pokok didalamnya. Dalam proses pembelajaran, salah satu hal yang harus dipertimbangkan pendidik adalah gaya belajar yang dimiliki peserta didik. Gaya belajar sangat berpengaruh dalam suatu proses belajar mengajar karena jika setiap orang telah memahami gaya belajarnya masing-masing akan cepat dan mudah dalam menerima informasi ataupun pengetahuan baru. Gaya belajar terbagi menjadi tiga jenis: visual (penglihatan), auditori (pendengaran), dan kinestetik (praktik atau pengaplikasian). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan IPK berdasarkan gaya belajar pada mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (TEP UM) angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa TEP UM angkatan 2017. Alat ukur yang digunakan untuk melihat gaya belajar mahasiswa pada penelitian ini adalah kuesioner baku yang diambil dari buku Quantum Teaching karya Bobbi DePorter dkk. Sedangkan IPK mahasiswa didapat dari subag akademik Fakultas Ilmu Pendidikan sehingga data IPK yang diperoleh valid dan akurat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji One Way Anova atau uji anova satu jalur. Penggunaan uji One Way Anova bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara dua atau lebih kelompok sampel dan menguji hipotesis penelitian. Dari uji One Way Anova didapatkan rata-rata IPK untuk gaya belajar visual adalah 3,4550, gaya belajar auditori rata-rata IPKnya 3,4584, gaya belajar kinestetik rata-rata IPKnya 3,5467, gaya belajar visual-auditori rata-rata IPKnya 3,3588, sedangkan gaya belajar visual-kinestetik rata-rata IPKnya adalah 2,9860. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan IPK yang signifikan berdasarkan gaya belajar pada mahasiswa jurusan TEP UM angkatan 2017, yang dibuktikan dengan taraf signifikansi pada uji One Way Anova sebesar 0,000. Karena taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka pada hipotesis yang telah disusun sebelumnya dinyatakan menolak H0 dan menerima Ha, atau dapat dikatakan terdapat perbedaan IPK yang signifikan antara mahasiswa yang bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik di TEP UM angkatan 2017

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67751

Actions (login required)

View Item View Item