Pengembangan multimedia mobile learning materi huruf Madura untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Perante Kabupaten Situbondo / Bayu Nurhidayat

Nurhidayat, Bayu (2019) Pengembangan multimedia mobile learning materi huruf Madura untuk kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Perante Kabupaten Situbondo / Bayu Nurhidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Nurhidayat, Bayu, 2019. Pengembangan Multimedia Mobile Learning materi huruf madura untuk kelas v sekolah dasar negeri 1 perante kabupaten Situbondo. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Agus Wedi, M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Mobile Learning, Bahasa Madura Multimedia Mobile Learning merupakan suatu media pembelajaran yang menggunakan smartphone untuk menyajikan beberapa unsur media yaitu teks,gambar,animasi, dan video. Tujuan Pengembangan ini adalah menghasilkan produk aplikasi mobile learning pembelajaran berbasis smartphone android yang digunakan pada pelajaran Bahasa madura tentang materi huruf madura. Peneltian ini berfokus menghasilkan multimedia pemebalajaran mobile learning untuk meningkatkan pemahaman materi Bahasa madura di SDN 1 Perante Situbondo. Prosedur pengembangan multimedia pembelajaran mobile learning menggunakan model Lee, W.W., & Owens, D.L. (2004) dengan beberapa tahapan yaitu antara lain tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil yang diperoleh dari validasi oleh ahli media hasil keseluruhan yaitu sebesar 79.16% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh hasil keseluruhan yaitu sebesar 89,5.7% berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selanjutnya hasil uji coba pada siswa kelas V SDN 1 Perante Situbondo diperoleh hasil keseluruhan 97 % yang berdasarkan kriteria media termasuk valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil pre-test dan post-test siswa terdapat peningkatan nilai sebesar 100% yang berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan media mobile learning berbasis smartphone termasuk dalam kriteria yang efektif saat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran untuk penelitian lebih lanjut diharapkan mampu membuat aplikasi yang lebih menarik siswa dengan materi yang lebih lengkap agar siswa termotivasi dalam menguasai materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/67750

Actions (login required)

View Item View Item