Analisis Kesesuaian Buku Guru Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2017 Dengan Kurikulum 2013 / Siti Aisyah Herlina Lutfi

Lutfi, Siti Aisyah Herlina (2018) Analisis Kesesuaian Buku Guru Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2017 Dengan Kurikulum 2013 / Siti Aisyah Herlina Lutfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Muchtar S.Pd M.Si. (II) Ni Luh Sakinah Nuraini S.Pd. M.Pd. Kata kunci buku guru kurikulum 2013 Analisis kesesuaian buku guru kelas IV semester 1 edisi revisi 2017 dengan Kurikulum 2013 dapat dilihat dari aspek kesesuaian kompetensi dasar tujuan pembelajaran dan rubrik penilaiannya. Buku guru merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan suatu pembelajaran di dalam kelas sebagai acuan petunjuk dan penjelasan tentang metode dan pendekatan pembelajaran. Kurikulum 2013 berdasarkan esensinya meliputi (1) standar isi (2) standar proses (3) standar penilaian dan (4) kompetensi inti dan kompetensi dasar. Dalam penelitian ini dapat bertujuan untuk mengetahui (1) kesesuaian kompetensi dasar pada buku guru dan Kurikulum 2013 (2) kesesuaian tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada buku guru dan (3) kesesuaian tujuan pembelajaran dengan rubrik penilaian pada buku guru. Objek penelitian ini yaitu buku guru kelas IV semester 1 meliputi (1) tema 1 Indahnya Kebersamaan (2) tema 2 Selalu Berhemat Energi (3) tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup (4) Berbagai Pekerjaan dan (5) tema 5 Pahlawanku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berbentuk uraian yang menggambarkan hasil analisis terhadap buku guru kelas IV semester 1. Dalam penelitian ini peneliti berkedudukan sebagai perencana pelaksana pengumpul data analisis penafsir data dan pelapor data sehingga tidak memerlukan lokasi dalam penelitian ini dikarenakan objek penelitian berupa buku guru kelas IV semester 1. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen yang telah di validasi dan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa analisis kesesuaian buku guru kelas IV semester 1 yaitu (1) kesesuaian kompetensi dasar buku guru dan Kurikulum 2013 terdiri dari 5 buku sebanyak 99 butir dan yang tidak sesuai 0 butir dari total 99 butir (2) kesesuaian tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada buku guru sebanyak 505 butir dan yang tidak sesuai 30 butir dari total 535 butir dan (3) kesesuaian tujuan pembelajaran dengan rubrik penilaian pada buku guru sebanyak 140 butir dan yang tidak sesuai 395 butir dari total 535 butir. Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa ketidaksesuaian yang terdapat pada buku guru kelas IV semester I dengan Kurikulum 2013 disarankan sebagai berikut. Guru sebaiknya melakukan analisis buku guru terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Penulis buku diharapkan lebih memperhatikan beberapa aspek yang berkaitan dengan buku yang digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6775

Actions (login required)

View Item View Item