Problematika guru dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 pada kelas I dan IV SDN Sumberagung I Kabupaten Jombang / Sinta Devi Kusdina

Kusdina, Sinta Devi (2018) Problematika guru dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 pada kelas I dan IV SDN Sumberagung I Kabupaten Jombang / Sinta Devi Kusdina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kusdina, Sinta Devi. 2018. Problematika Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Pada Kelas I dan IV SDN Sumberagung I Kabupaten Jombang. Skripsi Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Murtiningsih, M.Pd. (II) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd. Kata Kunci: Problematika, Guru, Kurikulum 2013 Problematika merupakan kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SDN Sumberagung 1 Kabupaten Jombang, terdapat kendala yang disebabkan perbedaan antara standar proses dengan praktik pembelajaran di sekolah. Pada kelas I ditemukan kendala berupa guru belum melakukan apersepsi. Selain itu, pada kelas IV guru baru mengalami mutasi pada semester II sehingga guru pengganti harus beradaptasi dengan pembelajaran yang digunakan di kelas tersebut. Maka dari itu, diperkirakan guru mengalami kendala lain dalam penerapan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang saat ini dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan untuk memaparkan (1) problematika guru dalam perencanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2017, (2) problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2017, (3) problematika guru dalam penilaian hasil belajar berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi 2017.penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data pada penelitian ini berupa guru kelas I dan IV di SDN Sumberagung I, RPP, dan lembar penilaian UH. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami problematika dalam perencanaan pembelajaran berupa penyusunan tujuan pembelajaran, mengintegrasikan unsur 4C berupa creativity dan critical thinking pada RPP, membuat media pembelajaran dan mencantumkann instrumen penilaian secara lengkap pada RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran, guru mengalami problematika berupa pengelolaan kelas, penggunaan media, memunculkan pendekatan saintifik, menampilkan unsur-unsur 4C, dan kesulitan menarik kesimpulan bersama siswa. Pada penilaian pembelajaran, guru mengalami problematika berupa banyaknya penyusunan instrumen penilaian serta keterbatasan waktu dalam melaksanakan penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada guru dan kepala sekolah SDN Sumberagung 1. Bagi guru hendaknya mengikuti pelatihan tentang kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Sedangkan bagi kepala sekolah hendaknya mengawasi pembuatan RPP guru dan dapat memfasilitasi guru dalam menggunakan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6774

Actions (login required)

View Item View Item