Santoso, Rani Claudia (2018) Analisis kesalahan penulisan kalimat efektif dalam tulisan narasi siswa kelas V SDN Gondanglegi Wetan 1 Kabupaten Malang / Rani Claudia Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Santoso Rani Claudia. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Kalimat Efektif dalam Tulisan Narasi Siswa Kelas V SDN Gondanglegi Wetan 1 Kabupaten Malang. Skripsi. Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kalimat Efektif Tulisan Narasi Sekolah Dasar Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat menyampaikan keinginan pesan gagasan informasi maupun perasaan dari pembicara/penulis kepada pendengar/pembaca secara singkat jelas dan tepat. Tulisan narasi adalah tulisan fakta atau khayal yang menceritakan proses terjadinya suatu peristiwa sesuai urutan kronologisnya. Berdasarkan hasil pengamatan awal di SDN Gondanglegi Wetan 1 ditemukan kesalahan-kesalahan penulisan kalimat efektif dalam tulisan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri ketepatan kehematan kepaduan dan kelogisan dalam tulisan narasi siswa kelas V SDN Gondanglegi Wetan 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif (telaah teks). Data pada penelitian ini berupa kalimat dalam tulisan narasi dari 18 siswa kelas V SDN Gondanglegi Wetan 1. Sumber data pada penelitian ini yaitu 18 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri ketepatan kehamatan kepaduan dan kelogisan. Kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri ketepatan dapat ditemukan pada 18 tulisan siswa. Kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri kehematan dapat ditemukan pada 18 tulisan siswa. Kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri kepaduan dapat ditemukan pada 15 tulisan siswa. Kesalahan penulisan kalimat efektif pada ciri kepaduan dapat ditemukan pada 18 tulisan siswa. Kesalahan penulisan kalimat efektif tidak ditemukan pada indikator ketepatan penggunaan tanda garis miring kalimat tidak terlalu panjang benar dalam induksi deduksi analogi dan argumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat saran yang ditujukan kepada bebarapa pihak. Pertama bagi guru diharapkan lebih memperhatikan penulisan kalimat efektif pada setiap tulisan siswa dan memberikan umpan balik serta tanggapan terhadap kesalahan-kesalahan penulisan kalimat efektif yang dilakukan siswa. Kedua bagi penyusun buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 dapat dijadikan masukan agar di buku diberi materi tentang kalimat efektif. Ketiga bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan pengembangan buku suplemen tentang penulisan kalimat efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6773 |
Actions (login required)
View Item |