Analisis tingkat kognitif soal pada buku siswa kelas II tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan / Firman Cahyadi

Cahyadi, Firman (2018) Analisis tingkat kognitif soal pada buku siswa kelas II tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan / Firman Cahyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyadi Firman. 2018. Analisis Tingkat Kognitif Soal Pada Buku Siswa Kelas II Tema Keselamatan Di Rumah Dan Perjalanan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd (II) Suminah S.Pd. M.Pd Kata Kunci soal buku siswa taksonomi bloom Buku siswa merupakan buku yang wajib digunakan sebagai buku teks pembelajaran dalam kurikulum 2013. Dalam penerapannya hampir setiap tahun buku siswa direvisi. Materi dan soal dalam buku tersebut perlu direvisi agar lebih sempurna. Soal digunakan sebagai salah satu alat evaluasi ranah kognitif dalam proses pembalajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui tingkat kognitif soal pada kelas II buku siswa tema keselamatan di rumah dan perjalanan berdasarkan taksonomi Bloom. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penyebaran tingkat kognitif soal pada setiap subtema dalam buku siswa kelas II tema keselamatan di rumah dan perjalanan menurut taksonomi Bloom (2) mengetahui perbandingan antara tingkat kognitif soal kategori mudah sedang dan sulit pada buku siswa kelas II tema keselamatan di rumah dan perjalanan dan (3) mengetahui tingkat kognitif yang paling sering muncul dan yang paling sedikit muncul dalam setiap subtema dalam buku siswa kelas II tema keselamatan di rumah dan perjalanan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen lembar pencatat data. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian soal pada buku siswa kelas II tema keselamatan di rumah dan perjalanan berdasarkan taksonomi Bloom menunjukkan tingkat kognitif yang belum seimbang karena ditemukan sebanyak 279 soal di antaranya yaitu kategori mengingat (C1) sebanyak 39 soal atau setara dengan 13 98% kategori memahami (C2) sebanyak 89 soal atau setara dengan 31 90% kategori mengaplikasikan (C3) sebanyak 75 soal atau setara dengan 26 88% kategori menganalisis (C4) sebanyak 39 soal atau setara dengan 13 98% kategori mengevaluasi (C5) sebanyak 19 soal atau setara dengan 6 81% dan kategori mencipta (C6) sebanyak 18 soal atau setara dengan 6 45%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kognitif soal pada buku siswa kelas II tema keselamatan di rumah dan perjalanan belum berimbang dan perlu adanya pemikiran atau penyimbangan dalam penyusunan soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6772

Actions (login required)

View Item View Item