Analisis kesesuaian buku guru kelas V SD kurikulum 2013 revisi 2017 tema 5 (Ekosistem) dengan pendekatan saintifik / Tristin Dwi Dei - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian buku guru kelas V SD kurikulum 2013 revisi 2017 tema 5 (Ekosistem) dengan pendekatan saintifik / Tristin Dwi Dei

Dei, Tristin Dwi (2018) Analisis kesesuaian buku guru kelas V SD kurikulum 2013 revisi 2017 tema 5 (Ekosistem) dengan pendekatan saintifik / Tristin Dwi Dei. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dei Tristin Dwi. 2018. Analisis Kesesuaian Buku Guru Kelas V SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 5 (Ekosistem) dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata Kunci analisis buku guru pendekatan saintifik Kurikulum 2013 Buku Guru disusun dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. Dari kajian dokumentasi diperoleh temuan ketidaksesuaian penerapan pendekatan saintifik pada buku guru kelas V SD tema 8 (ekosistem) edisi tahun 2014 pada Sub Tema 1 Pembelajaran 5. Buku tersebut sudah melalui berbagai penyuntingan dan perbaikan oleh ahli namun tidak menutup kemungkinan masih terdapat beberapa kekurangan pada buku dengan tema dan edisi yang berbeda. Oleh karena itu dilakukan penelitian terhadap buku dengan edisi yang berbeda yaitu Buku Guru Kelas V SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tema 5 (Ekosistem). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kesesuaian langkah pembelajaran yang ada di buku dengan pendekatan saintifik. Instrumen yang digunakan berupa pedoman analisis kesesuaian langkah-langkah kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 yang meliputi kegiatan mengamati menanya mengumpulkan informasi mengasosiasi/ menalar dan mengomunikasikan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan hal-hal sebagai berikut (1) kesesuaian langkah pembelajaran dengan kegiatan mengamati sebesar 65 56% dan memenuhi kriteria sesuai atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil (2) kesesuaian langkah pembelajaran dengan kegiatan menanya sebesar 50 00% dan termasuk dalam kriteria kurang sesuai atau disarankan tidak digunakan karena perlu revisi besar (3) kesesuaian langkah pembelajaran dengan kegiatan mengumpulkan informasi sebesar 86 67% dan memenuhi kriteria sangat sesuai atau dapat digunakan tanpa revisi (4) kesesuaian langkah pembelajaran dengan kegiatan mengasosiasi sebesar 86 67% dan memenuhi kriteria sangat sesuai atau dapat digunakan tanpa revisi (5) kesesuaian langkah pembelajaran dengan kegiatan mengomunikasikan sebesar 70 00% dan memenuhi kriteria sesuai atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Kesimpulan hasil analisis diperoleh rata-rata hasil kesesuaian antara langkah-langkah pembelajaran di buku guru dengan penerapan komponen pendekatan saintifik yakni sebesar 72 00%. Persentase tersebut termasuk dalam kriteria sesuai atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Dengan demikian disarankan bagi guru SD dapat mencari bahan ajar tambahan yang lain sehingga dapat melengkapi kekurangan yang ada dan menunjang pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6771

Actions (login required)

View Item View Item