Analisis muatan nilai-nilai karakter buku siswa kelas V Tema 6 ÔÇ£Panas dan PerpindahannyaÔÇØ edisi revisi 2017 / Rini Setyo Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan nilai-nilai karakter buku siswa kelas V Tema 6 ÔÇ£Panas dan PerpindahannyaÔÇØ edisi revisi 2017 / Rini Setyo Wardani

Wardani, Rini Setyo (2018) Analisis muatan nilai-nilai karakter buku siswa kelas V Tema 6 ÔÇ£Panas dan PerpindahannyaÔÇØ edisi revisi 2017 / Rini Setyo Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Wardani Rini Setyo. 2018. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Buku Siswa Kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya Edisi Revisi 2017. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Imam Nawawi M.Si (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci nilai-nilai karakter buku siswa edisi revisi 2017 sekolah dasar Nilai-nilai karakter seharusnya dimuat dalam buku ajar. Salah satunya ialah buku siswa kelas V tema 6 Panas dan Perpindahannya edisi revisi 2017. Berdasarkan temuan sebelumnya dapat diketahui bahwa pengintegrasian nilai-nilai karakter pada buku ajar belum memadai sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian pada buku yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat dalam bagian informasi pendukung bagian petunjuk kerja/kegiatan dan bagian tagihan kerja/latihan pada buku siswa kelas V tema 6 Panas dan Perpindahannya edisi revisi 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik analisis isi. Sumber data dalam penelitian ini ialah buku siswa kelas V tema 6 Panas dan Perpindahannya edisi revisi 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut telah memuat nilai-nilai karakter. Bagian informasi pendukung tidak memuat nilai karakter toleransi dan mandiri. Nilai karakter yang sering muncul di bagian informasi pendukung ialah nilai karakter rasa ingin tahu. Bagian petunjuk kerja/kegiatan tidak memuat nilai karakter religius semangat kebangsaan menghargai prestasi cinta damai peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai karakter yang tidak termasuk dalam 18 nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa tetapi termuat pada bagian petunjuk kerja/ kegiatan adalah cermat dan percaya diri. Nilai karakter yang sering muncul di bagian petunjuk kerja/kegiatan ialah nilai karakter bersahabat/komunikatif. Bagian tagihan kerja/latihan tidak memuat nilai karakter religius disiplin cinta tanah air semangat kebangsaan menghargai prestasi cinta damai gemar membaca peduli lingkungan dan peduli sosial. Nilai karakter yang tidak termasuk dalam 18 nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa tetapi termuat pada bagian tagihan kerja/ latihan adalah cermat. Nilai karakter yang sering muncul di bagian tagihan kerja/latihan ialah nilai karakter jujur. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru lebih mencermati nilai-nilai karakter yang ada di buku agar pembelajaran yang dilakukan dapat mengembangkan nilai karakter secara utuh. Sementara itu bagi penulis/penyusun buku agar mau melengkapi nilai-nilai karakter yang belum termuat secara merata di setiap bagian buku terutama di bagian tagihan kerja/latihan. Bagi pemerintah agar mau menambah kebijakan untuk melakukan revisi buku yang terbukti muatan nilai karakternya kurang utuh. Bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pijakan untuk penelitian lebih lanjut tentang pengaruh nilai-nilai karakter terhadap pembelajaran dan perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6769

Actions (login required)

View Item View Item