Pengaruh penggunaan cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gadang 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Imas Maulidina

Maulidina, Imas (2018) Pengaruh penggunaan cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri Gadang 1 Kecamatan Sukun Kota Malang / Imas Maulidina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Maulidina, Imas. 2018. Pengaruh Penggunaan Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Gadang I Kecamatan Sukun, Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd., (II) Drs. M. Imron Rosyadi, Sy, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : cerita bergambar dan kemampuan membaca pemahaman Kemampuan membaca yang harus dikuasai siswa salah satunya yaitu membaca pemahaman. Seseorang dikatakan telah melakukan membaca pemahaman apabila dapat memahami makna, pesan maupun informasi yang disampaikan oleh penulis. Berdasarkan data awal kemampuan membaca pemahaman, masih ada 40% (28 siswa) yang kemampuan membaca pemahamannya rendah. Berdasarkan observasi awal, siswa terlihat tidak antusias dan kesulitan memahami isi bacaan ketika diberikan cerita yang tidak disertai dengan gambar. Siswa di sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret. Salah satu teks yang dapat memenuhi hal tersebut yaitu cerita bergambar. Gambar dalam cerita dapat menunjang imajinasi siswa yang kesulitan memahami isi bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Gadang .Pencapaian tujuan ini dilakukan dengan membandingkan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan cerita bergambar dan cerita tanpa gambar. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif eksperimen pretest-posttest design. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 68 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh berupa nilai hasil pretest dan posttest membaca pemahamaan yang kemudian diuji normalitas dan homogenitasnya. Analisis hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kemampuan awal membaca pemahaman siswa kelas kontrol yaitu rata-rata 70 sedangkan dikelas eksperimen yaitu rata-rata 69. Hasil kemampuan membaca pemahamn akhir siswa dikelas kontrol yaitu rata-rata 71, sementara di kelas eksperimen yaitu 78. Berdasarkan rata-rata data awal dan data akhir tersebut menunjukkan bahwa peningkatan nilai di kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan di kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,003 r tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita bergambar berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item View Item