Analisis unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi siswa kelas IV SDN Curahmalang 1 Kabupaten Jombang / Fajriyah Hidayah Malik

Malik, Fajriyah Hidayah (2018) Analisis unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi siswa kelas IV SDN Curahmalang 1 Kabupaten Jombang / Fajriyah Hidayah Malik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Malik Hidayah Fajriyah. 2018. Analisis Unsur-Unsur Intrinsik Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Curahmalang 1 Kabupaten Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sjafruddin A. Rahman S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Analisis unsur intrinsik karangan narasi. Karangan narasi adalah karangan yang menggambarkan peristiwa dan kejadian seseorang berdasarkan urutan waktu yang dialami. Unsur pendukung dalam unsur intrinsik karangan narasi adalah Judul dan Unsur Intrinsik karangan narasi yang terdiri dari latar sudut pandang alur tokoh amanat. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kesesuain judul dengan tema penggambaran dan penggunaan latar sudut pandang alur tokoh dan amanat dalam karangan narasi siswa kelas IV SDN Curahmalang 1 Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan unsur pendukung unsur intrinsik karangan narasi tentang kesesuaian judul dengan tema dan tentang unsur-unsur intrinsik dalam karangan narasi meliputi latar sudut pandang alur tokoh dan amanat. Sumber data diperoleh dari hasil karangan narasi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara pemberian tes dan observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Curahmalang 1 Kabupaten Jombang yang berjumlah 40 siswa. Kesesuaian judul dengan tema menunjukkan sebagian besar siswa sudah dapat membuat judul yang sesuai dengan tema. Terdapat 36 siswa yang membuat judul sesuai dengan tema liburan serta sebanyak 4 siswa yang membuat judul kurang sesuai dengan tema liburan. Penggunaan latar terdapat 16 siswa yang telah menggunakan 2 latar dan sebanyak 24 siswa yang menggunakan 3 latar waktu tempat dan suasana. Sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama yang digunakan siswa sebanyak 18 siswa dan sudut pandang orang pertama dan ketiga sebanyak 22 siswa. Penggunaan alur terdapat 37 siswa yang menggunakan alur maju karena dianggap yang mudah dipahami dan sering mereka ketahui. Penggambaran tokoh secara langsung sebanyak 38 siswa serta penggambaran tokoh secara tidak langsung sebanyak 2 siswa. Penggunaan amanat terdapat 18 siswa yang tidak menuliskan amanat terdapat 8 siswa yang telah menuliskan amanat secara tidak langsung (tersirat)/eksplisit dan terdapat 14 siswa yang telah menuliskan amana secara langsung/implisit. Untuk dapat meningkatkan minat menulis karangan narasi siswa guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan menggunakan media pembelajaran yang menarik yang mampu memberikan semangat dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6767

Actions (login required)

View Item View Item