Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas di kelas IIIB SDN bareng 3 Kota Malang tahun pelajaran 2017/2018 / Rima Asmaul Chusna

Chusna, Rima Asmaul (2018) Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas di kelas IIIB SDN bareng 3 Kota Malang tahun pelajaran 2017/2018 / Rima Asmaul Chusna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Chusna, Rima Asmaul. 2018. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas di Kelas IIIB SDN Bareng 3 Kota Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Prodi S1 ÔÇô Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Estu Winahyu, M.Pd, (II) Prof. Dr. SaÔÇÖdun Akbar, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, PPK berbasis kelas, Nilai Utama PPK Pesatnya kemajuan teknologi yang terjadi saat ini mengakibatkan melemahnya pendidikan karakter bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sekolah sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran penting dalam pendidikan karakter bagi peserta didik. Penyelenggaraan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) tersebut dapat dilakukan secara terintegrasi dalam kegiatan: a) Intrakurikuler; b) Kokurikuler; dan c) Ekstrakurikuler. Secara umum terdapat 18 nilai karakter yang diterapkan dalam pendidikan karakter. Namun pada tahun ajaran 2017/2018 ini, 18 nilai karakter tersebut dikristalisasikan ke dalam 5 nilai, yaitu nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: a) mendeskripsikan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas; dan b) mendeskripsikan nilai-nilai yang muncul dalam implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas di Kelas IIIB SDN Bareng 3 Kota Malang, Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan deskriptif. Sementara itu, sumber data dalam penelitian ini berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi mengenai implementasi dan nilai-nilai yang muncul dalam pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas. Penelitian tersebut dilakukan di kelas III SDN Bareng 3 Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas sudah dilakukan oleh guru kelas IIIB, yakni dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam RPP (kurikulum), manajemen kelas, metode pembelajaran, pembelajaran tematis, gerakan literasi, serta layanan Bimbingan dan Konseling. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam implementasi tersebut nilai-nilai karakter yang muncul telah mencakup lima nilai utama PPK, yaitu nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotongroyong dan nilai integritas. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kelas sudah diintegrasikan oleh guru dan telah memunculkan lima nilai utama PPK. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi sekolah lain yang belum mengintegrasikan PPK berbasis kelas, diharapkan agar dapat dijadikan sebagai panduan dalam mengimplementasikannya. Sementara itu, bagi guru diharapkan dapat memunculkan nilai utama PPK yang belum tampak dalam kelas, serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menambah aspek implementasi PPK berbasis budaya sekolah dan berbasis masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6766

Actions (login required)

View Item View Item