Analisis kesesuaian langkah pembelajaran buku guru kelas V semester I tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi 2017 dengan pendekatan saintigfik / Bintang Muhammad Andri Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian langkah pembelajaran buku guru kelas V semester I tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi 2017 dengan pendekatan saintigfik / Bintang Muhammad Andri Putra

Putra, Bintang Muhammad Andri (2018) Analisis kesesuaian langkah pembelajaran buku guru kelas V semester I tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi 2017 dengan pendekatan saintigfik / Bintang Muhammad Andri Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putra Bintang Muhammad Andri. 2018. Analisis Kesesuaian Langkah Pembelajaran Buku Guru Kelas V Semester 1 Tema Organ Gerak Hewan dan Manuisa Edisi Revisi 2017 dengan Pendekatan Saintifik Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. (II) Dr. Sutarno M.Pd. Kata Kunci Buku Guru Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Edisi Revisi 2017 Pendekatan Saintifik. Buku guru adalah panduan ajar yang digunakan oleh guru untuk menunjang kegiatan pembelajaran dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 yang disusun berdasarkan pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di ditemukan bahwa buku guru kelas V semester 1 tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi ditemukan ketidaksesuaian. Penelitian ini menganalisis Buku guru kelas V semester 1 tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi 2017. Peneliti mengambil buku guru tersebut karena di dalamnya memuat tentang langkah-langkah pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah pemebelajaran pada buku guru kelas V semester 1 tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi 2017 dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengungkapkan temuan-temuan yang ditemukan dalam buku guru. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci teknik pengumpulan data dilakukan secara wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil kesesuaian langkah-langkah pembalajaran pada di subtema 1 organ gerak hewan tidak sesuai subtema 2 manusia dan lingkungan tidak sesuai subtema 3 lingkungan dan manfaatnya tidak sesuai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut buku guru kelas V semester 1 tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi 2017 belum sesuai dengan pendekatan saintifik. Buku guru kelas V semester 1 tema organ gerak hewan dan manusia edisi revisi 2017 ini dapat dijadikan bahan pembelajaran untuk kelas V Sekolah Dasar. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti buku guru yang lain sehingga kekurangan-kekurangan buku guru dapat diketahui dan segera mungkin ditentukan solusi untuk melengkapi kekurngan yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item View Item