Hubungan antara Kecepatan Membaca dengan Tingkat Pemahaman Isi Bacaan Siswa Kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang / Elsa Malindasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara Kecepatan Membaca dengan Tingkat Pemahaman Isi Bacaan Siswa Kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang / Elsa Malindasari

Malindasari, Elsa (2018) Hubungan antara Kecepatan Membaca dengan Tingkat Pemahaman Isi Bacaan Siswa Kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang / Elsa Malindasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Malindasari Elsa. 2018. Hubungan antara Kecepatan Membaca dengan Tingkat Pemahaman Isi Bacaan Siswa Kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. (II) Muchtar S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Kecepatan Membaca Pemahaman Isi Bacaan Sekolah Dasar Kecepatan membaca setiap manusia berbeda-beda hal itu dipengaruhi oleh bahan bacaan dan tujuan dalam membaca. Minimnya tingkat pemahaman menjadi masalah karena ada kecendrungan anggapan bahwa semakin lambat cara membaca seseorang semakin tinggi pula pemahamannya. Padahal kecepatan membaca harus seiring dengan pemahaman bahan bacaan. Siswa yang dapat membaca dengan kecepatan tinggi juga seharusnya memperoleh pemahaman yang tinggi. Setelah membaca seharusnya kita mampu mengingat informasi dalam bacaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kecepatan membaca siswa kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang (2) mendeskripsikan tingkat pemahaman isi bacaan siswa kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang (3) mendeskripsikan hubungan antara kecepatan membaca dengan tingkat pemahaman isi bacaan siswa kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaf dengan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang yang berjumlah 18 siswa. Sampel penelitian diambil dari seluruh populasi yaitu 18 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes kecepatan dan pemahman isi bacaan. Teknik pengolahan analisi data menggunakan analisi korelasi rumus product momen person. Hasil penelitian kecepatan membaca siswa kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang pada kategori cukup dengan rata-rata 120 kata per menit. Dari 18 siswa yang diteliti sebanyak 4 siswa kategori membacanya cepat 8 siswa kategori cukup dan 6 siswa kategori lamban. Pemahaman isi bacaan siswa kelas V SDN Madyopuro 6 juga pada kategori cukup baik dengan rata-rata nilai 72. Sebanyak 4 siswa kategori sangat baik 6 siswa kategori baik 7 siswa kategori cukup dan 1 siswa kategori kurang. Hasil korelasi menggunakan SPSS dengan tingkat signifikasi 1% menunjukan r hutung r table (0 819 0 590). Sehingga dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara kecepatan membaca dengan tingkat pemahaman isi bacaan siswa kelas V SDN Madyopuro 6 Kota Malang. Saran dari penelitian ini harapkan dapat memberikan sumbangsi pemikiran bagi guru dalam meningkat kemampuan membaca siswa dan menjadi refrensi bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6761

Actions (login required)

View Item View Item