Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Achmad Khoirul Bichar - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Achmad Khoirul Bichar

Bichar, Achmad Khoirul (2018) Analisis kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan narasi siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang / Achmad Khoirul Bichar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Bichar Achmad Khoirul. 2018. Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital dalam Karangan Narasi Siswa Kelas III SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Achmad Badawi S.Pd. M.Pd (2) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. Kata Kunci analisis kesalahan penulisan huruf kapital karangan narasi Menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa. Siswa dalam menulis baik itu berupa paragraf atau karangan sering melakukan kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan. Kesalahan-kesalahan penulisan yang sering dilakukan siswa diantaranya adalah kesalahan penulisan huruf kapital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan tingkat kesalahan penulisan huruf kapital yaitu (1) huruf kapital sebagai huruf pertama pada awal kalimat (2) huruf kapital sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang (3) huruf kapital sebagai huruf pertama nama hari (4) huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografi serta (5) huruf kapital sebagai huruf pertama kata petunjuk hubungan kekerabatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenisnya menggunakan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian pada SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang yang terdiri dari 5 SD. Data yang digunakan adalah karangan narasi siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang dengan jumlah populasi 147 siswa. Jumlah sampel yang diambil adalah 30% dari jumlah keseluruhan siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang yaitu sebanyak 44 siswa. Analisis data dilakukan dengan lima tahap yaitu pengidentifikasian pengklasifikasian penghitung frekuensi kesalahan penghitungan presentase dan penyimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan kesalahan penulisan huruf kapital dalam karangan siswa kelas III SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang yaitu sebanyak 369 dari 850 atau 43 4% meliputi (1) kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama awal kalimat sebanyak 218 atau 44 9% (2) kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang sebanyak 11 atau 16 7% (3) kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama nama hari sebanyak 23 atau 54 8% (4) kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografi sebanyak 28 atau 49 1% (5) kesalahan penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama kata petunjuk hubungan kekerabatan sebanyak 89 atau 44 7%. Dari penelitian ini dapat diberikan saran untuk guru SDN Gugus I Kecamatan Bantur Kabupaten Malang agar memberikan pembelajaran tentang penulisan huruf kapital dengan benar dan sesuai dengan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Dengan adanya pembelajaran tersebut siswa akan semakin mengerti mengenai penulisan huruf kapital yang benar sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6760

Actions (login required)

View Item View Item