Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia (edisi revisi 2017) / Nelli Agustin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia (edisi revisi 2017) / Nelli Agustin

Agustin, Nelli (2018) Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku siswa kelas V tema Organ Gerak Hewan dan Manusia (edisi revisi 2017) / Nelli Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

viii ABSTRAK Agustin Nelli. 2018. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter dalam Buku Siswa Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia (Edisi Revisi 2017). Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nur Hanifah M.Pd. (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci Nilai-nilai Karakter Buku Siswa Sekolah Dasar Pendidikan karakter dapat dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam buku siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam buku siswa. Oleh karena itu penelitian kali ini ingin menganalisis lebih lanjut mengenai muatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa terutama buku siswa kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia (Edisi Revisi 2017). Buku tersebut merupakan buku yang saat ini baru beredar dan digunakan di tahun ajaran 2017/2018. Selain itu buku tersebut belum pernah diteliti oleh pihak lain. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat pada bagian informasi pendukung petunjuk kerja/kegiatan dan tagihan kerja/latihan dalam buku siswa kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia (Edisi Revisi 2017). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik analisis kajian isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang muncul telah sesuai dengan standar kurikulum 2013 dengan sebaran pada bagian informasi pendukung memuat empat belas dari delapan belas nilai petunjuk kerja/kegiatan memuat sembilan dari delapan belas nilai dan tagihan kerja/latihan memuat sepuluh dari delapan belas nilai. Selain nilai-nilai karakter tersebut terdapat nilai karakter baru yaitu pada bagian petunjuk kerja/kegiatan memuat nilai peduli terhadap hewan gotong royong percaya diri dan nilai karakter negatif petunjuk kerja/kegiatan memuat nilai karakter peduli terhadap hewan dan percaya diri serta tagihan kerja/latihan memuat peduli terhadap hewan gotong royong dan nilai karakter negatif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pengembang dan penyusun buku ajar agar dapat melengkapi nilai-nilai karakter dalam buku siswa. Selain itu bagi guru sebaiknya juga dapat mengembangkan kegiatan pembelajaran yang dapat menguatkan penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa. Kemudian bagi peneliti lain sebaiknya dapat melakukan penelitian dengan sasaran penelitian yaitu buku siswa di kelas dan tema yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6759

Actions (login required)

View Item View Item