Analisis kemampuan siswa dalam memahami amanat pada cerita pendek di kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kota Batu / Rohmatuz Zakiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan siswa dalam memahami amanat pada cerita pendek di kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kota Batu / Rohmatuz Zakiya

Zakiya, Rohmatuz (2018) Analisis kemampuan siswa dalam memahami amanat pada cerita pendek di kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kota Batu / Rohmatuz Zakiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zakiya Rohmatuz. 2018. Analisis Kemampuan Siswa dalam Memahami Amanat pada Cerpen di Kelas IV SD Muhammadiyah 4 Kota Batu. Skripsi Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Sutarno M.Pd. Pembimbing (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd. M.Pd. Kata kunci Kemampuan siswa Memahami Amanat Cerita Pendek (Cerpen). Membaca merupakan kegiatan yang fundemental dalam kehidupan. Melalui membaca pembaca dapat mengetahui berbagai informasi. Keterampilan membaca mulai diajarkan pada tingkat formal yaitu pada masa sekolah dasar. Salah satu keterampilan membaca yang diajarkan di SD yaitu membaca pemahaman. Membaca pemahaman dapat diartikan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh makna dari sebuah bacaan dengan melibatkan pengalaman dan pengetahuan (skema). Berdasarkan hasil studi awal tentang membaca pemahaman di SD Muhammadiyah 4 Kota batu terdapat 15 siswa yang kurang mampu menjawab soal terkait memahami amanat pada cerpen. Oleh karena itu peneliti ingin mengethaui seberapa tingkat kemampuan siswa dalam memahami amanat pada cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami amanat yang terkandung pada cerpen. Kemampuan memahami amanat pada cerpen didasarkan pada tingkatan level kognitif yang berbeda-beda. Tingkatan yang dimaksudkan yaitu level kognitif low intermediate high advanced. Tingkatan-tingkatan tersebut dikonstruksikan kedalam materi soal dengan menggunakan indikator yang disesuaikan dengan tingkatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif deskriptif. Data penelitian berupa hasil tes tulis siswa dalam menyelesaikan soal tentang kemampuan memahami amanat pada cerpen. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi hasil tes pengklasifikasian dalam tabel penyimpulan dengan menggunakan rumus pemerolehan skor dan penafsiran persentase kemampuan siswa memahami amanat menggunakan tabel konversi pencapaian skor. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan kategori (1) low pada kualifikasi sedang dengan persentase 64.28% (2) intermediate pada kualifikasi rendah dengan persentase 44.64% (3) high pada kualifikasi sangat rendah dengan persentase 30.95% (4) advanced pada kualifikasi sangat rendah dengan persentase 23.21%. Semakin tinggi tingkat level kognitif soal semakin rendah hasil persentase pemerolehan jawaban benar siswa. Hasil penelitian ini diharapakan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi guru untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca dan kemampuan untuk memahami pesan moral atau informasi yang disajikan dalam bacaan. Serta sebagai bahan rujukan untuk penelitian-penelitian selanjutnya i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item