Analisis muatan kompetensi inti (KI-1) dan kompetensi inti-2 (KI-2) pada buku siswa kelas III tema indahnya persahabatan / Salehuddin Dwi Cahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis muatan kompetensi inti (KI-1) dan kompetensi inti-2 (KI-2) pada buku siswa kelas III tema indahnya persahabatan / Salehuddin Dwi Cahyo

Cahyo, Salehuddin Dwi (2018) Analisis muatan kompetensi inti (KI-1) dan kompetensi inti-2 (KI-2) pada buku siswa kelas III tema indahnya persahabatan / Salehuddin Dwi Cahyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Cahyo Salehuddin Dwi. 2017. Analisis Muatan Kompetensi Inti-1 (KI-1) dan Kompetensi Inti-2 (KI-2) pada Buku Siswa Kelas III Tema Indahnya Persahabatan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Muatan Kompetensi Inti Buku Siswa Tema Indahnya Persahabatan Karakteristik pendidikan Indonesia sekarang ini mengacu pada ketercapaian keseimbangan antara aspek sikap pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi Inti (KI) yang hadir dalam Kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan yang harus dimiliki siswa. KI-1 dan KI-2 adalah KI yang berhubungan dengan sikap. Sejumlah fakta ditemukan di kelas III SDN Sawojajar VI. Terdapat 9 dari 42 siswa kelas III SDN Sawojajar VI yang belum dapat memenuhi dan melaksanakan aspek KI-1 dan KI-2. Buku siswa yang merupakan sumber belajar siswa perlu dikaji lebih dalam mengenai muatan yang berkaitan dengan KI-1 dan KI-2. Karena buku siswa merupakan buku yang digunakan sebagai panduan oleh siswa selama proses pembelajaran. Sehingga penelitian ini berusaha menganalisis muatan KI-1 dan KI-2 yang termuat pada buku siswa Indahnya Persahabatan. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik penelitian dokumentasi yang menganalisis buku siswa. Instrumen penelitian berasal dari modifikasi peneliti berdasarkan Fathurrohman (2013 128-142) yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Berdasarkan data yang didapat peneliti mengambil kesimpulan bahwa pada ikon-ikon kegiatan yang terdapat pada Buku Siswa kelas III Tema Indahnya Persahabatan telah memuat KI-1 dan KI-2. KI-1 dan KI-2 yang termuat pada ikon-ikon kegiatan pembelajaran subtema Temanku Sahabatku adalah beriman dan bertakwa bersyukur jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri. KI-1 dan KI-2 yang termuat pada ikon-ikon kegiatan pada subtema Tumbuhan Sahabatku adalah beriman dan bertakwa bersyukur jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri. KI-1 dan KI-2 yang termuat pada ikon-ikon kegiatan pada subtema Sahabat Satwa adalah beriman dan bertakwa bersyukur jujur disiplin tanggung jawab santun peduli dan percaya diri. KI-1 dan KI-2 yang termuat pada Kegiatan Berbasis Proyek adalah beriman dan bertakwa bersyukur disiplin tanggung jawab dan peduli. Dapat diketahui bahwa tidak semua KI-2 kelas III termuat pada subtema ini. Oleh karena itu peneliti memberikan saran yang diharapkan dapat memperbaiki buku siswa kelas III Tema Indahnya Persahabatan. Pada subtema Temanku Sahabatku muatan KI-1 dan KI-2 yang seharusnya ditekankan sebaiknya yang memiliki deskripsi sesuai dengan judul subtema yaitu bersyukur santun dan peduli. Muatan KI-1 dan KI-2 yang seharusnya ditekankan pada ii subtema Tumbuhan Sahabatku sebaiknya bersyukur santun dan peduli. Muatan KI-1 dan KI-2 yang seharusnya ditekankan pada subtema Sahabat Satwa sebaiknya bersyukur santun dan peduli. Sedangkan muatan KI-1 dan KI-2 yang seharusnya ditekankan pada Kegiatan Berbasis Proyek sebaiknya jujur disiplin dan tanggung jawab. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6757

Actions (login required)

View Item View Item