Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Sintaksis pada Karangan Deskriptif Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang / Fitria Fajarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Sintaksis pada Karangan Deskriptif Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang / Fitria Fajarwati

Fajarwati, Fitria (2018) Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Sintaksis pada Karangan Deskriptif Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang / Fitria Fajarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fajarwati Fitria. 2018. Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Tataran Sintaksis pada Karangan Deskriptif Kelas V SDN Gugus 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Skripsi Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. A. Badawi S.Pd M.Pd (2) Dr. I Made Suardana S.Pd M.Pd. Kata Kunci kesalahan berbahasa indonesia tataran sintaksis karangan deskriptif SD Bahasa Indonesia memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual sosial dan emosional siswa yang merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Tataran sintaksis merupakan bagian dari ilmu bahasa yang membicarakan seluk beluk wacana yang terkait frasa dan kalimat. Kesalahan berbahasa dalam bidang kalimat banyak dilakukan oleh siswa dalam menulis. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui bentuk kesalahan penulisan kalimat yang tidak sesuai dengan tataran sintaksis pada karangan deskriptif dan (2) mengetahui penyebab kesalahan penulisan kalimat yang tidak sesuai dengan tataran sintaksis pada karangan deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data pada penelitian ini berbentuk persentase kemudian dideskripsikan tentang analisis kesalahan berbahasa dalam tataran sintaksis pada karangan deskriptif. Pengolahan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara terhadap guru dan siswa kelas V tes menulis karangan deskriptif dan dokumentasi. Berdasarkan instrumen penelitian yang telah dilaksanakan hasil yang diperoleh yaitu (1) kalimat tidak bersubjek sebanyak 34 69% (2) kalimat tidak berpredikat sebanyak 39 28% (3) kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat sebanyak 51 02% (4) Penggandaan subjek sebanyak 37 75% (5) antara predikat dan objek yang tersisipi sebanyak 14 28% (6) kalimat yang tidak logis sebanyak 10 34% (7) kalimat yang ambiguitas sebanyak 34 69% (8) penghilangan konjungsi sebanyak 36 22% (9) penggunaan konjungsi yang berlebihan sebanyak 43 88% (10) urutan yang tidak paralel sebanyak 22 44% (11) penggunaan istilah asing sebanyak 8 16% (12) penggunaan kata tanya yang tidak perlu 16 32%. Jika dilihat secara keseluruhan kesalahan berbahasa tersebut diperoleh hasil 31 63%. Kesalahan tersebut termasuk dalam kategori sedikit. Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa saran. Penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan bahan rujukan dan perbandingan untuk peneliti-peneliti selanjutnya mengingat banyaknya aspek yang perlu diteliti pada bahasa tulis siswa terkait dengan tataran linguistik lain seperti fonologi morfologi semantik dan wacana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6756

Actions (login required)

View Item View Item